Friday, December 16, 2011

Jalan Setapak Tembus Hutan

Pagi ini saya terbangun dan entah mengapa langsung berkeinginan memutar lagu kesayangan masa remaja dulu, I love chopin. Anda tahu bukan, irama musik kadangkala seolah membawa kita ke suatu tempat yang belum pernah kita ketahui dan jelajahi sebelumnya. Irama semacam itu seolah membangunkan suatu kesadaran dalam diri, ada sebuah panggilan yang mengundang. Apa istilahnya ya? Drifting away? Senang rasanya perasaan kita terbang terbawa pada angan dan cita-cita, hal-hal yang selama ini belum kesampaian. Dan dengan alunan lagu piano itu imajinasi melayang....seandainya...Remember that piano, so delightful unusual. That classic sensation, sentimental confusion,...

Bertahun-tahun ini ada hal berat yang sangat mengganjal. Sepertinya saya tinggal di suatu 'negara' dalam 'negara'. Saya bekerja di sebuah institusi asing yang cukup ternama dan bonafide. Selama bekerja disitu disitu, pengalaman yang ada tidak banyak membantu saya untuk memperluas skills kerja tapi lebih kepada skills untuk managing people. Berkomunikasi dan berhubungan dengan berbagai jenis manusia. Menghadapi orang dari berbagai bangsa termasuk bangsa sendiri. Setiap hari selama belasan tahun, saya menghadapi orang Amerika, Eropah, Korea dan Jepang. Yang culture-nya berbeda dan mengedepankan sikap individualistis. Belum lagi harus bersosialisasi dengan rekan sekerja yang mayoritas adalah bangsa sendiri dengan trademark unggah-ungguh-nya yang tak boleh dilupakan. It's complicated!

Bekerja disitu adalah heaven bagi sebagian besar rekan kerja. Pagi-sore dijemput dengan mobil mazda atau kijang innova. Liburnya lama, bisa 18 hari setahun. Banyak acara semacam training/ pesta yang bagus-bagus hampir tiap tahunnya. Pokoknya membuat siapapun yang tidak waspada akan hanyut dalam kenikmatan menghamba nine to five. Hidup rutin yang diarahkan sesuai kehendak perusahaan. Karyawan tugasnya hanya bekerja sesuai perintah dan bersyukur. Apakah kami robot?

Jika saya bekerja di tempat lain mungkin akan lebih sengsara. Tapi lima belas tahun kemudian setidaknya saya tidak akan terus duduk di posisi yang sama. Seharusnya ada penilaian yang lebih layak untuk kinerja masing-masing karyawan. Jika baik ada reward, jika kurang harus ada kritik membangun untuk memperbaiki kinerja. Jika salah tentu juga harus ada punishment. Dalam perusahaan 'negara' dalam 'negara' semua orang disamakan prestasi kerjanya. Naik gaji sama rata, dapat roti juga dibagi sama rata.Utopia yang menjebak, serba nyaman dan damai. Macan kumbang dan kucing kampung semua memperoleh kaleng sarden yang sama.

Ujung kisah ini adalah 'keluar dari zona nyaman'. That's true. Dan saya berpikir untuk keluar dari paradise ini, dari surga ini. Saya berpikir untuk melakukan sesuatu yang berbeda dan tidak biasa. Saya berpikir sebelum maut menjemput apakah saya hanya akan melakukan perihal itu-itu saja?? Rasanya saya bukan orang semacam itu. Jadi angan saya melayang jauh....dan teramat jauh. Bagaimana jika seandainya saya resign dan keluar dari utopia yang saya jalani selama belasan tahun ini? Banyak pengalaman lain yang ingin saya rasakan,...

Semua teman dekat mengomentari dengan sebutan nekad, gila, tidak berpikir panjang. Dengan keterbatasan usia mau melamar kerja dimana lagi? Lagipula saya sudah terlalu lama tinggal di tempat itu. Ya, tapi saya membiarkan imajinasi saya melayang jauh. Ada hal-hal yang menarik di tempat jauh jika kita lewat menembus hutan dan berjalan di jalan setapak. Ketimbang duduk manis dan selalu berdiam di tempat. Pernikahan saya dengan pekerjaan di kantor bahkan terasa lebih lama dibanding pernikahan dengan suami. Tetapi pekerjaan bukan manusia, pun sesuatu yang saya suka untuk melakukannya. Selalu ada suara dalam diri, go...and find your own way..! I think I will go on to follow that voice,...


Rainy days never say goodbye

To desire when we are together
Rainy days growing in your eyes
Tell me where's my way

Imagine your face 
In a sunshine reflection
A vision of blue skies
Forever distractions

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.