Tuesday, September 22, 2015

Kuliner Kuningan (1) Rumah Makan Laksana

Kuningan ada dimana? Di Cirebon. Kalau Kuningan di Bali adalah sejenis dengan hari raya Galungan. Kalau Kuningan di Jakarta adalah wilayah elite tempat tinggal para pejabat negara atau mantan pejabat negara. Udah beberapa kali sih ke Kuningan, biasanya untuk kunjungan keagamaan karena di Kuningan ada tempat ziarah rohani Gua Maria Cisantana. Umat Katholik khususnya dari Jakarta cukup sering bepergian ke wilayah ini, biasanya dalam rangka retreat. Beberapa kali saya ke Cirebon (kota) maupun ke Kuningan. Kota Cirebon panasnya 11-12, bersaing dengan Semarang dan mungkin Cilegon. Kota-kota pantura dengan sengatan matahari yang tiada ampun. Tetapi Cirebon juga memiliki 'Lembang'nya jika diibaratkan Bandung, yaitu wilayah sejuk Kuningan di kaki gunung Ceremai. 

Banyak juga wisata rendam spa/air panas alami di wilayah desa Sangkanhurip - Kuningan. Yang tak kalah populer adalah wisata Rumah perjanjian Linggarjati. Untuk umat non Katholik yang hanya berniat tetirah/jalan-jalan dan liburan bisa berkonsentrasi di wilayah penginapan-penginapan dengan fasilitas air panas alami tersebut. Bagus juga untuk penyembuhan tulang, kulit. Udara di daerah Kuningan juga sejuk. Nanti pulangnya bisa berbelanja ke kota Cirebon. Ada pusat belanja kerajinan rotan di daerah Plered dan ada juga pusat kerajinan Batik di Trusmi, sebuah perkampungan yang isinya hanya dodolan Batik. Tapi harus saya ingatkan, Cirebon kota yang 'hot'-- panasnya nggak kira-kira. Jadi kalau jalan-jalan outdoor persiapkan anti UV sengatan matahari. 

Sebenarnya kunjungan saya ke Kuningan kali ini dalam rangka proyek kerja dari gereja. Tapi saya coba menggali sisi wisata-nya dalam bentuk penggalan-penggalan tulisan ada kuliner ada jalan-jalan juga. Rumah makan yang populer di wilayah Sangkanhurip dimana terdapat perkampungan hotel dengan sumber air panas alami adalah Rumah Makan Laksana. Beberapa kali tetirah ke Sangkanhurip makannya selalu di rumah makan ini. Tempatnya sejuk, asri dan modern. Memang kalah keren kalau dibandingkan dengan Cafe-Cafe Bandung dengan gaya fashion dan metropole-nya. Tetapi hidangan yang disajikan 'maknyus' tenan. Alias wenak-wenak! Cirebon ini perbatasan Sunda/Jawa Tengah. Agak bingung juga, apakah mereka Sunda? Atau 'wong jowo'? Tapi yang pasti hidangan sundanesse bikinan Cirebon nggak kalah dengan Bandung punya. Nah dikuningan ini, Rumah Makan Laksanya jagoannya. Cumi goreng tepung, Gurame goreng sambel ijo, nasi merah, sayur asem. Dah datang saja, cicip! Rumah Makan Laksana Jl. Pemandian Air Panas, Sangkanurip, Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat Phone:(0232) 613182. Waspada weekend dan musim liburan, penuh
pengunjung!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.