Monday, January 25, 2016

Drama 02 - Kita Lihat Saja Bagaimana Akhir Kisah Ini (Que Sera Sera) ****

Eun Soo & Jun Hyuk
Seperti yang sudah saya duga, 'keracunan' drama Korea sangat buruk bagi kesehatan jiwa saya. Menghabiskan banyak waktu di depan pesawat televisi, menguasai semua remote, menghabiskan stock snacks. Pokoknya buruk! Ada beberapa drama Korea yang saya tonton hingga hari ini. Tapi drama "Que Sera Sera" yang dimainkan oleh empat bintang Korea ini (Eric Mun, Jung Yu-mi, Lee Kyu-han dan Yoon Ji-hye) sangat menggugah perasaan. Magnificent! Termasuk drama Korea bintang lima bagi saya. Keempat aktor/aktris entah karakter aslinya memang demikian, atau sangat canggih pemahamannya terhadap naskah, mampu menjiwai peran dengan sangat baik. Catatan ringan hanya untuk Lee Kyu-Han yang berperan sebagai Jun-Hyuk Oppa (oppa = kakak = abang; panggilan dari gadis pada pemuda teman dekat). Aktingnya sedikit dangkal dibanding yang lain tetapi lumayan masuk ke dalam 'permainan' drama yang dilakonkan. 

Bagi mereka yang terbiasa emosional dalam kisah percintaan, drama ini seakan mapping (memetakan) mampu menunjukkan, bagaimana sebenarnya perasaan cinta yang sering membuat orang kebingungan dan putus asa dalam menjalaninya. Ada grafik perasaan yang dapat kita ikuti dengan jelas. Kisah ini saya anggap real, tidak mengada-ada. Saya pikir seseorang barangkali pernah mengalami masa-masa putus asa seperti ini dalam bercinta dan mampu menterjemahkan dengan baik pengalamannya dalam sebentuk drama. 

Eun Soo & Tae Joo
Grafik perasaan dimainkan dengan sangat 'brilliant' oleh Eric Mun dan Yu-Mi. Singkatnya, "Kayak beneran terjadi." Eric Mun adalah anggota boyband K-Pop angkatan awal bernama SHINHWA. Pertama ngetop-ngetopnya boyband berasal dari Korea. Ketika saya menanyakan pada putri saya, "Pernah denger Eric Mun nggak yang dari K-Pop boyband Shinhwa?" Putri saya menjawab singkat, "Pernah, tapi boyband-nya udah ga gitu terdengar kayaknya Mami. Itu band jadul." Terus saya jawab, "Dia baru berumur 36 tahun kok,.." Putri saya menjawab lugas, "Iya,....buat bintang K-Pop itu tuakk..." Aisssshhh! 

Ceritanya gini. Kang Tae Joo (Eric Mun) pegawai kelas menengah di sebuah perusahaan swasta adalah buaya kelas kambing. Ia gemar pacaran dengan perempuan-perempuan kaya yang bersedia menanggung biaya hidupnya. Memberi hadiah, membiayai dst. Jadi dia 'suka main perempuan' tapi dia tidak pernah punya perasaan mendalam terhadap perempuan manapun. Semuanya biasa, hanya teman perempuan yang memberikan kenikmatan hidup.

Hae Rin & Tae Joo
Suatu hari Tae Joo ketemu dengan Han Eun Soo (Jung Yu-Mi). Gadis ini ndeso, miskin, rada bloon dan mukanya culun, biasa banget. Datang ke kompleks apartment Tae Joo, mencari adiknya. Saking ndesonya dia nuduh Tae Joo nyulik adiknya, rupanya dia salah apartemen. Setelah ketemu dengan adiknya mereka ternyata bertetangga, tinggal berdekatan di kompleks apartemen tersebut. Walhasil jadi sering ketemu. Tae-Joo rada jengkel karena Eun Soo kerapkali menyebut dia "Ahjussi = Oom" seolah dia tuwek banget. Belum lagi Eun Soo sering minta tolong ini itu (sampai membetulkan pipa ledeng yang bocor) dengan merengek dan pasang muka memelasnya yang ndeso. Karena kasihan Tae Joo jadi sering nolong Eun Soo dengan sendirinya. Terkadang dengan cara menggerutu, marah-marah terganggu, bahkan nonyol-nonyol kepalanya Eun Soo dengan ekspresi, "Kamu itu jadi perempuan kok bloooooon.... banget!"

Lama-lama Eun Soo-nya naksir Tae Joo, karena dianggap cowok yang baik walaupun kasar dan ogah-ogahan. Tapi Tae Joo males ngurusin Eun Soo lebih lanjut, bukan tipe wanita idamannya. Mana bloon dan miskin pula. Tae Joo sempat memberi nasihat pada Eun Soo, "Kamu jangan sembarangan mau sama cowok. Musti hati-hati. Banyak yang nggak bener dan banyak cowok hanya suka manfaatin cewek doang!..." Eun Soo-nya menjawab, "Akh, kamu jangan meremehkan saya. Gini-gini saya juga pernah punya pengalaman jatuh cinta..." Tae Joo tertawa karena ia tahu Eun Soo sangat lugu dan bloon tapi ngeyel/keras kepala sok tahu. Terus ditantangin oleh Tae Joo apakah Eun Soo pernah merasakan ciuman pertama? Akhirnya Eun Soo dicium oleh Tae Joo untuk pertama kali di dalam lift kompleks apartemen mereka. Setelah itu Eun Soo makin jatuh cinta setengah mati dan mengejar-ngejar Tae Joo. Jelas ditolak!

Disisi lain ada Cha Hae Rin (Yoon Ji Hye) dan Shin Jun Hyuk (Lee Kyu Han) yang adalah putri dan putra dari pemilik World Mall di Seoul. Berasal dari keluarga yang kaya raya. Keduanya saling jatuh cinta. Yang putra adalah anak hasil adopsi sehingga percintaan mereka seharusnya dapat berlanjut. Entah mengapa orang-tua Hae Rin si putri kandung pemilik Mall kurang setuju. Mereka mendidik Jun Hyuk untuk menjadi Manager Perusahaan tetapi kurang merestui untuk menjadi menantu, ada masa lalu Jun Hyuk yang masih belum terungkap. Hae Rin melakukan pemberontakan pada kedua orang-tua dan kehidupannya. Dia berupa keras agar agar percintaannya dengan Jun Hyuk direstui. Semuanya gagal karena Jun Hyuk juga tidak berani melawan orang-tua mereka. Keduanya dibesarkan dengan limpahan materi, bahkan Jun Hyuk lulusan sekolah di Amerika. Tapi keduanya tidak terlalu bahagia karena banyak aturan yang harus diikuti. 

Takdir cerita mempertemukan keempat orang ini. Sehingga Hae Rin pada akhirnya justru naksir Kang Tae Joo dan Jun Hyuk jatuh cinta pada Eun-So. Dari plot ini kisah cinta keempatnya dikocok oleh script dengan kuat. Meminjam istilah James Bond, "shaken, not stirred." Tae Joo kemudian menjadi tunangan kebanggan Hae Rin dan Eun-So bahkan diperistri oleh Jun Hyuk. Tapi tetap saja tidak ada yang benar-benar bahagia karena Eun-So dan Tae-Joo masih saling mencintai dengan mendalam. 

Salah satu adegan yang paling menggugah muncul ketika keempatnya berlibur ke Singapore. Jun Hyuk sedang membeli cincin dan berniat melamar Eun Soo. Ketika Hae Rin sedang berjalan-jalan dengan Tae Joo ke pusat perbelanjaan little India. Tiba-tiba saja Tae Joo kabur meninggalkan Hae Rin sendirian di pasar. Ia berlari pulang ke hotel, masuk ke kamar Eun Soo, menciuminya dengan membabi-buta dan mengatakan, "Please,... Kamu jangan jadian dengan Jun Hyuk. Aku mencintai kamu. Aku mencintai kamu,..." Lalu dengan mudahnya Eun-Soo langsung mencampakkan Jun Hyuk yang adalah manager perusahaan besar dan anak orang kaya. Di kemudian hari, ia menemui Jun Hyuk, "Maaf ya,... Tapi mendadak saja Tae Joo bilang bahwa dia mencintai saya. Saya nggak bisa berbuat apa-apa. Saya udah lama banget suka pada dia..." Ini adalah bagian dimana kita selaku penonton akan berkata, "Ini cewek kalau udah tergila-gila sampe nggak inget apa-apa...ngeri beneer.." Saking putus asanya Eun Soo dan Tae Joo saling berkomentar, "Sudahlah kita lihat saja bagaimana akhir kisah kita ini (que sera sera). Aku akan terus mengamatimu...."

all Cast : Hae Rin, Tae Joo, Eun Soo, Jun Hyuk 
Kata-kata yang muncul atau dialog antar karakter sangat tajam dan saling mengiris satu sama lain. Dimana Hae Rin dengan mudahnya merendahkan Tae Jo, "Kamu kan cowok miskin, ...cowok bayaran,.... Asal ada cewek kaya kamu pasti demen. Yang penting kamu bisa nebeng hidup enak. Makanya kamu ikut aku aja,..." Atau bagaimana Eun Soo membalas kebaikan dan kasih sayang Jun Hyuk yang lembut, ganteng, kaya dan baik hati dengan kata-kata, "Saya nggak suka cara kamu selalu ngebela-belain dan menolong saya. Seolah-olah saya ini sangat lemah dan nggak bisa berbuat apa-apa!.." Cara Joon Hyuk dan Tae Joo menolong Eun Soo memang berbeda. Kalau Tae Joo menolong dengan upaya sendiri dan sambil ngomel atau nonyol, "Dasar cewek bloon,.. Udah dikasi tahu, masih aja ngeyel,.." Joon Hyuk karena backgroud-nya kaya raya menggunakan pengaruh dan kekuasaannya untuk selalu menolong Eun Soo. Sementara Hae Rin terlihat sebagai "cewek kelas atas" yang sangat percaya diri dan punya kharisma. Saya sangat suka design busana-busana Hae Rin dalam drama ini.

Ending dari drama yang dirilis tahun 2007 ini agak mengambang. Setelah keempat tokoh putus. Dua tahun kemudian mereka reuni bertiga, Tae Joo, Hae Rin dan Joon Hyuk. Dalam obrolan itu ketiganya lega karena dapat memposisikan diri masing-masing sebagai teman. Sementara Joon Hyuk menyarankan Tae Joo untuk mencoba kembali hubungannya dengan Eun Soo. Walaupun saat terakhir Eun Soo mengatakan jangan saling bertemu lagi supaya tidak saling menyakiti, sepertinya bukan itu maksudnya. Pasti Eun Soo akan tetap gembira jika bertemu kembali dengan Tae Joo. Akhirnya memang Eun Soo berjumpa kembali dengan Tae Joo dan menunggu di depan apartemennya persis kejadian saat pertama kali dulu ia datang dari desa dan bertemu Tae Joo. Bagi saya inti sari kisah ada pada 'keruwetan' ketika mereka berempat saling jatuh cinta dan bersaing untuk memenangkan hati orang yang dicintai. Itu yang saya sebut mapping jatuh cinta. Dalam kehidupan saya pikir terlalu dramatis apabila seseorang selalu ngotot hanya mengikuti perasaannya. Tapi tentu saja saya akan memilih Jun Hyuk Oppa yang baik, lembut, pandai, kaya dan ..hanya ada dalam mimpi. :) 

Foto : berbagai sumber

2 comments:

  1. Saya juga pernah kecanduan drama Korea ini Mbak :( Asli nggak mau ke mana2. Seharian betah nungguin episode demi episode :(

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.