Thursday, March 24, 2016

Drama 08 - Oh Hantu Cewekku! (Oh My Ghostess) *****

Chef Kang & Na Bong Sun (foto : funpop)
Menilik judul yang mengandung hantu-hantuan, awalnya saya malas nonton. Film hantu banyak yang aneh, cliche dan tak masuk akal. Maka saya menghindari film dengan judul hantu-hantuan. Lebih suka nonton film horror sungguhan seperti Sadako dalam The Ring. Namun nonton film horror yang serius juga menimbulkan ketakutan. Merinding. Singkat kata saya menghindari film horror dan film hantu semisal vampire (kecuali twilight). Menurut saya karya-karya film berdasarkan cerita hantu dan setan hanyalah omong kosong. Entah mengapa, akhirnya saya menyempatkan diri juga menonton serial Oh My Ghostess. Mungkin karena selama ini saya hanya menonton film-film barat besutan Hollywood, ada rasa penasaran yang menggelitik dalam diri. Sepandai apa sih orang Asia masa kini mampu menghasilkan karya perfilman? Khususnya karya-karya film dari negeri Ginseng? Setelah menonton, hasilnya: terpesona!

Na Bong Sun (Park Bo-Young) adalah gadis yang sangat kuper. Ia bekerja sebagai asisten Chef di sebuah resto yang populer pimpinan Chef Kang Sun Woo (Jo Jung Suk). Tepatnya sebagai asisten kasta terendah : tukang cuci piring dan pesuruh. Pribadinya tertutup, jarang bicara, sering mengantuk, penakut, suaranya selalu lirih dan terbata-bata. Rambutnya dikuncir awut-awutan dan poni menutupi sebagian wajah. Resto milik Chef Kang memang tidak besar tetapi sangat populer dengan banyak pengunjung tetap (reguler). Chef Kang juga memiliki empat asisten pria yang gagah-gagah dan tampan. Seharusnya sebagai satu-satunya asisten wanita di Resto itu Bong Sun dapat berbangga. Sayang, karena pribadinya yang aneh Bong Sun selalu dipandang rendah oleh rekan-rekan prianya yang lain. Tidak pernah dianggap serius. Hanya dianggap sebagai asisten pembantu bertubuh mungil yang memelas. 

Ada hal yang membuat sifat Bong Sun sedemikian aneh. Bong Sun ternyata adalah gadis yang memiliki kemampuan sixth sense. Ia mampu melihat berbagai roh yang bergentayangan di sekitarnya. Kemampuan itu diturunkan dari neneknya yang berprofesi sebagai dukun di kampung. Maka Bong Sun sering sulit tidur karena setiap saat ia harus membakar dupa dan mengucap mantra pengusir agar tidak ada roh atau setan yang mengganggu dirinya. Tak seorang pun mampu memahami bahwa ada gadis dengan kemampuan khusus indra keenam seperti Bong Sun. Kemampuan untuk melihat setan. Diam-diam Bong Sun sesungguhnya naksir Chef Kang. Maka dari itu ia bertahan bekerja di resto tersebut walau kerap di bully oleh rekan-rekannya yang lain. Bahkan ia dibentak-bentak secara kasar oleh Chef Kang yang tak sabaran melihat perilaku lembek Bong Sun. 

Hantu Soon Ae & Empat asisten Chef (foto:viewreview)
Disisi lain arwah seorang gadis bernama Shin Soon Ae (Kim Seul Gie) bergentayangan dan bersikap badung. Ia adalah arwah gadis yang mati dalam keadaan perawan. Maka Soon Ae selalu berusaha memikat para lelaki dengan merasuki tubuh gadis-gadis. Ia ingin melakukan 'hal itu' untuk pertama kali. Ada penyesalan karena dirinya mati dalam keadaan perawan. Rupanya bukan sekedar masalah keperawanan yang membuat roh Soon Ae bergetayangan dan jahil kesana-kemari. Misteri kematian Soon Ae-lah yang membuat arwah dirinya penasaran. Soon Ae sama sekali tidak ingat bagaimana ia mati. Beberapa bukti mengarahkan petunjuk bahwa ia mati bunuh diri. Namun Soon Ae tidak yakin bahwa ia bunuh diri karena ia sangat mencintai kehidupan, mencintai ayah dan adiknya. Soon Ae terus mencari jawaban atas kematiannya. Tanpa sengaja ia kerap merasuk ke dalam tubuh Bong Sun dan merubah perilaku gadis kuper itu menjadi lebih centil dan agresif. 

Chef Kang memiliki seorang adik perempuan cantik bernama Kang Eun Hee (Shin Hye Sun) yang duduk di kursi roda. Ia merupakan korban tabrak lari misterius. Suami Eun Hee yang juga adalah anggota kepolisian tampan bernama Choi Sung Jae (Lim Ju-Hwan) sangat mendedikasikan hidupnya untuk melayani sang istri. Disini plot dibuat sangat menarik. Dengan realita bahwa semasa hidup sesungguhnya Shin Soon Ae naksir pada Polisi Choi. Namun pada suatu malam ada kejadian misterius, yang tanpa sengaja Polisi Choi Sung Jae menabrak dan melindas kaki Kang Eun Hee hingga cacad. Soon Ae-lah saksi mata yang menyaksikan kejadian tragis itu. 

Untuk menutupi perbuatannya Polisi Choi tega menculik dan membunuh Soon Ae. Membungkam gadis malang yang adalah satu-satunya juru masak handal di warung ayahnya. Kematian Soon Ae menjadi tragedi yang melukai hati ayah dan satu-satunya adik lelaki Soon Ae. Setelah sering merasuki tubuh Bong Sun, Soon Ae mulai rajin berkunjung lagi ke warung ayahnya. Menghibur sang ayah. Disamping itu ia juga mampu membuat Bong Sun menjadi gadis yang lebih dinamis dan akhirnya mencuri hati Chef Kang. Untuk mengurusi masalah arwahnya yang mati penasaran Soon Ae banyak dibantu oleh seorang dukun/cenayang bernama Seo Binggo (Lee Jung Eun). Adegan menyentuh hati terjadi ketika Seo Binggo yang niatnya menangkap setan/arwah gentayangan menjadi kasihan pada nasib Soon Ae dan bahkan menganggap Soon Ae adalah seorang gadis baik yang harus ia bantu agar rohnya dapat mencapai surga. Bereinkarnasi dengan baik. Adegan lucu juga banyak terjadi ketika Seo Binggo selalu kejar-kejaran dengan arwah Soon Ae, berusaha menangkapnya dengan mantra perdukunan.

Sementara itu Chef Kang menjadi pria yang berubah setelah hatinya terketuk cinta. Yang tadinya kasar, dingin dan acuh pada Na Bong Sun mendadak menjadi sangat posesif. Hal ini nampak pada saat ketika sekumpulan staf pertelevisian hendak membuat shooting di Resto milik Chef Kang. Karena rekan-rekan kerjanya banyak menyuruh-nyuruh Na Bong Sung, akhirnya sutradara juga membentak Bong Sun dan memperlakukannya bak pembantu umum. Chef Kang sangat jengkel melihat kekasihnya diperlakukan seperti itu dan menegur sang sutradara. Karena tidak terima sutradara lalu menyindir, "Kenapa emang asisten kamu yang ini nggak boleh disuruh-suruh? Emangnya dia pacar kamu?" Dengan sikap dingin dan tegas Chef Kang menjawab, "Betul, gadis ini adalah asisten sekaligus kekasih saya. Maka saya minta agar Anda dan yang lainnya jangan memperlakukan dia dengan seenak dengkul. Perlakukan dirinya dengan hormat!" 

Chef Kang, Na Bong Sung, Hantu Soon Ae, Polisi Choi
Moment itu adalah untuk pertama kalinya Chef Kang mengaku pada khalayak tentang hubungannya dengan Na Bong Sun. Pernyataannya membuat keempat asisten Chef pria yang lain serta adik kandung Chef Kang sekaligus segenap crew pertelevisian yang berada disitu sangat terkejut. Makjlebs! He-he-he,... Dengan satu titik balik berupa pengakuan cinta dari Chef Kang, hidup Na Bong Sun berubah seratus delapan puluh derajad. Yang tadinya dipandang remeh-temeh, kini semua orang memandangnya sebagai gadis yang memiliki arti. Bong Sun yang mungil dan bersuara lirih mampu menaklukkan pria sekaliber Chef yang yang tampan, populer, cerdas dan tegas (lagu lama lagi). Oya, akting Jo Jung Suk sebagai Chef Kang dan para crew dapurnya dalam memasak terlihat kampiun. Bagaimana cara mereka merajang dan meracik aneka bahan-bahan makanan sangat real. K-drama ini punya nilai seni tinggi. Baik sebagai film tentang crew dapur, percintaan, arwah dan kisah misteri. Demikian pun jalinan kasih Na Bong Sun dan Chef Kang diramu dengan apik romantis. TOP!

Foto : berbagai sumber

5 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.