Thursday, March 31, 2016

Drama 10 - Rahasia Desa Achiara (The Village: Achiara's Secret) ****


HyeJin-WooJae-SoYoon-JiSook-GiHyun
Sepanjang ingatan saya menonton K-Drama, ada dua drama yang outstanding berani keluar dari jalur utama. Korean Drama banyak menjual kisah-kisah romantis yang bombastis. Bahkan ada kejadian menggelikan di Cina. Dikabarkan seorang wanita yang gemar menonton K-Drama lalu sibuk menasihati suaminya setiap saat agar menjadi romantis dan bijaksana seperti pria dalam kisah-kisah Korean Drama. Hasilnya wanita tersebut mati mengenaskan di tangan sang suami karena frustrasi dipaksa menjadi pria idaman seperti dalam drama (iyalah, mana ada? Pangeran Charles aja berpisah dengan Putri Diana....). Dua drama yang keluar jalur adalah 'You're all Surrounded' dan 'The Village: Achiara's Secret.' Sebenarnya 'Oh My Ghostess' juga temanya unik dengan latar hantu, tapi kisah cintanya sangat kental. Maka kali ini saya akan coba berkisah tentang 'Misteri Desa Achiara.'

Setelah neneknya meninggal dunia, Han So Yoon yang berdomisili di Canada menemukan sepucuk surat diantara barang-barang neneknya. Surat itu dikirim dari desa Achiara di Korea. Menyiratkan bahwa masih ada kerabat So Yoon yang hidup di Korea dan berusaha keras untuk menghubungi dirinya. Karena penasaran, So Yoon kemudian melamar kerja menjadi guru di SMA Achiara dan ia segera pulang ke Korea. Soo Yoon bertemu dan berinteraksi dengan para penduduk desa Achiara termasuk polisi muda yang imut Park Woo Jae (Yook Sung Jae) yang selalu berusaha membantu So Yoon dengan setulus hati. Dari sini misteri di rajut apik. Dalam sebuah desa atau kota kecil biasanya penduduk saling mengenal dengan baik (saya mengerti hal ini karena saya besar di kota kecil). Kisah antara penduduk desa satu dengan yang lainnya saling terkait. Semuanya mengerucut membuka sebuah misteri terpendam. Kehidupan di Achiara yang menjadi latar belakang kisah terangkat manis. 

Semasa kecil So Yoon (Moon Geun Young), kakak perempuan dan kedua orang-tuanya terlibat kecelakaan fatal yang mengakibatkan semua anggota keluarga meninggal terkecuali So Yoon. Ternyata hal itu tidaklah benar! Kakak So Yoon masih hidup dan selama ini berada di Korea seorang diri, mengharapkan So Yoon datang menjenguknya. Sementara So Yoon sama sekali tidak tahu bahwa kakaknya masih hidup. Kakak So Yoon menetap di Achiara dan menjadi guru seni di SMA Achiara bernama Kim Hye-Jin (Jang-Hee Jin). Hye Jin dikisahkan sebagai guru muda yang sangat cantik dan disukai murid-muridnya. Namun beberapa tahun silam Hye Jin menghilang dan tak seorang pun yang mencari dirinya. Hingga So Yoon tiba di Achiara dan menemukan mayat Hye Jin secara tak sengaja di hutan. Misteri tentang diri Hye Jin mulai digali tak henti oleh So Yoon.

Hye Jin ternyata bukanlah kakak kandung So Yoon. Ia adalah anak adopsi, maka dari itu ketika kecelakaan terjadi nenek So Yoon yang di Canada hanya mengambil So Yoon untuk diasuh tetapi ia meninggalkan Hye Jin di Korea karena dianggap bukanlah darah dagingnya (tak mau repot). Duh, malangnya nasib Hye Jin! Sebatang kara Hye Jin lalu mulai mencari ibu kandungnya. Ia berhasil mengetahui bahwa ibunya berasal dari desa Achiara. Maka dari itu Hye Jin memutuskan menetap disitu. Achiara di kuasai oleh keluarga konglomerat Seo Chang Gwon (Jeong Seong Mo) yang sekaligus berambisi sebagai anggota dewan perwakilan rakyat. Seo Chang Gwon memiliki istri cantik Yoon Ji-Sook (Shin Eun Kyung). Anak pertamanya yang lelaki bernama Seo Gi Hyun (On Joo Wan) berasal dari istri sebelumnya. Anak keduanya bersama Yoon Ji-Sook adalah seorang gadis kecil bernama Seo Yoo-Na (Ahn Seo Hyun).

Kisah yang dirajut dalam K-drama ini adalah 'benang kusut' yang teramat kusut. Namun cara penyajian cerita amat menarik sehingga setiap ending episode kita akan terus bertanya-tanya. Siapa Hye Jin? Siapa orang-tua kandungnya? Mengapa hidupnya sangat malang? Hye Jin ternyata punya sakit ginjal parah dan harus mendapat transplantasi dari ibu kandungnya. Maka itu ia memaksakan diri pulang ke Achiara. Ia sangat butuh donor ginjal dari sang ibu. Hye Jin sibuk mencari-cari siapa ibunya. Hye Jin kemudian juga menjalin kasih dengan sang konglomerat lokal, Seo Chang Gwon dan menjadi wanita simpanannya. Hal itu membuat Ji-Sook sangat murka. Ia dan Hye Jin bertarung dan saling cakar-mencakar. Ji-Sook sendiri digambarkan sebagai wanita cantik berusia 40tahun. Hubungannya dengan sang anak lelaki tiri yang sudah menjadi pria muda sangatlah dekat cenderung romantis bahkan sempat digosipkan oleh media. Yoo-Na, si bungsu, sangat sayang dan kagum pada guru Hye Jin, yang tak lain adalah saingan dari ibu kandungnya sendiri.

Sempat ada dugaan bahwa Hye Jin adalah anak bungsu dari ibunda Ji Sook. Diduga Hye Jin adalah adik dari Ji Sook sendiri. Lalu kisah ini dijungkir-balikkan dengan kenyataan bahwa Ji-Sook pernah diperkosa pada usia 15 tahun dan menjadi sangat trauma dengan bayinya. Ia menyebut sang bayi 'monster.' Bayi itu tak lain adalah Kim Hye-Jin yang oleh ibunda Ji Sook lalu diserahkan untuk diadopsi oleh orang lain. Kebetulan diadopsi oleh keluarga So Yoon. Diwarnai dengan adanya pembunuh berantai dan pemerkosa berantai yang juga adalah warga desa Achiara (komplit bener!), benang kusut yang dijalin sangatlah rumit. Kepiawaian penulis skenario dan sutradara adalah menciptakan misteri, pertanyaan tentang Hye Jin yang tak ada habis-habisnya. Mengapa ada kehidupan seorang wanita sedemikan pahit? Tak seorang pun menginginkan dirinya. Bahkan setelah mati pun tak seorangpun berniat mencari keberadaannya atau mengungkap kegetiran hidupnya hingga So Yoon muncul dari Canada. 

Drama ini adalah drama 'sehat' tanpa micin romantisme. Kisah cinta menjadi sesuatu yang sangat tidak penting dalam drama ini. Kisah cinta yang sekedar 'numpang liwat' adalah kisah antara guru seni/art pria bernama Nam Gun Woo (Park Eun Seok) dengan wanita yang lebih tua usianya, apoteker desa bernama Kang Jo-Hee (Jang So Yeon). Memusingkan kepala karena Nam Gun Woo adalah saudara Kim Hye Jin (satu ayah), sedangkan Kang Jo-Hee adalah adik dari Yoon Ji-Sook (satu ibu). Padahal Ji Sook adalah ibu kandung Kim Hye Jin. Makin runyam karena adik (satu ayah) dengan Gun Woo yaitu Ga-Young (Lee Yeol Eum) jatuh cinta pada dirinya. Hom-pim-pa-alaihum-gambreng banget cara mengatur jalan cerita untung saja dirangkai ciamik. Aktris yang tidak menjual kecantikan dalam berperan namun serius berakting adalah Moon Geun Young. Debut Geun Young pertama kali bersama Song Seung-Heon dan Song Hye-Kyo dalam Autumn in My Heart (2000). On Joo Wan dan Shin Eun Kyung juga tampil memikat, dalam peran pria muda tampan yang sangat memuja ibu tiri cantik jelita. Cerita Achiara membuat saya penasaran hingga akhir episode, seru! Misteri, thriller, sedikit horror... Gak pake micin ya! (foto : berbagai sumber)

2 comments:

  1. Kamu berhasil membuatku penasaran.. Ini akan jadi next-to-watch setelah drama2 yang sudah menanti. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong Maaaah...keracunan k-drama obatnya apa ya? apa nonton ketoprak? Eh tapi beneran lho waktu kecil di Jateng aku sempat rajin nonton ketoprak..bagus juga hihihi ;)

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.