Wednesday, April 6, 2016

Drama 14 - Dapatkah Kita Mencinta ? (Can We Love) ****

Drama produksi 2014 ini cukup seru. Namun karena tokoh ceritanya banyak, kisah menjadi saling silang. Tabrak sana-tabrak sini. Terlalu banyak karakter yang hendak ditonjolkan. Cerita berfokus pada tiga gadis yang menjalin persahabatan sejak masa sekolah Yoon Jung Wan (Eugene), Kim Sun Mi (Kim Yu Mi) dan Kwon Ji Hyun (Choi Jung Yoon). Setelah dewasa, ketiganya mewakili profil kehidupan wanita-wanita masa kini. Jung Wan adalah single mother untuk seorang bocah lelaki, Sun Mi adalah wanita pengusaha yang sukses namun tak kunjung jua menikah dan Ji Hyun adalah ibu rumah tangga yang berjuang keras mempertahankan keluarganya dari berbagai problema.

sutradara Oh & Jung Wan (viki)
Jung Wan yang berprofesi sebagai penulis naskah skenario berkenalan dengan sutradara Oh Kyung Soo (Uhm Tae Woong) dan production house director Ahn Do-Young (Kim Sung Su), yang sekaligus adalah sepupu sang sutradara. Jung Wan belum lama bercerai dengan suaminya Han Joon Mo (Shim Hyung Tak). Tak disadari Jung Wan, suaminya dalam waktu singkat langsung laku mendapatkan kekasih baru yang muda dan jelita (indahnya nasib lelaki?). Bahkan sudah berencana untuk menikah lagi atas desakan sang kekasih. Kekasihnya ini bernama Anh Kyung-Joo (Jang Joon Yoo) yang tak lain adalah adik kandung dari PD director Ahn Do-Young. 

Jung Wan lalu berada dalam penyesalan maju-mundur seorang wanita. Pasalnya sang suami dulu terasa 'lemot', tidak sigap sebagai pencari nafkah keluarga. Hal ini menyebabkan Jung Wan banyak melakukan berbagai pekerjaan sampingan agar dapur keluarga terus mengebul. Bertahun-tahun menikah dengan kelelahan menumpuk dan rasa putus asa menyebabkan Jung Wan menceraikan lelaki itu. Ternyata kini suaminya maju pesat dalam berkarir, tinggal di apartment mewah dan bersiap untuk kuliah program doctoral. Sementara Jung Wan masih pontang-panting bekerja menulis naskah, part-timer di supermaket, cari kontrakan murah. Bahkan ibunya tertipu investasi sehingga merugikan diri Jung Wan yang harus ikut menanggung hutang. Sesak rasa di dada Jung Wan menyaksikan 'mantan'nya sekarang melejit ke langit.

Sun Mi adalah wanita lajang yang memiliki perusahaan design interior dengan beberapa karyawan. Salah satunya adalah Choi Yoon Seok (Park Min Woo), pemuda ganteng yang berusia sepuluh tahun lebih muda dari dirinya. (Blaaah!). Yoon Seok sangat mencintai Sun Mi, namun Sun Mi tidak pernah serius pada Yoon Seok, hanya menganggap pemuda itu kekasih 'selingan.' Sun Mi terus memburu pria-pria matang seusia dirinya. Yang dianggapnya dewasa, berpenghasilan besar, bertanggung-jawab dan mampu menjadi suami idaman. Sayangnya tidak ada yang menyangkut. Lalu Sun Mi bersikeras memburu Sutradara Oh Kyung Soo kala mereka bertemu dalam proyek kerja pembuatan film kolosal. Kebetulan Sun Mi mendapat proyek untuk mempersiapkan setting dekorasi film tersebut. Sun Mi menghalalkan segala cara untuk memburu Sutradara Oh, termasuk dengan menikam/bersikap jahat pada Jung Wan. Ini dikarenakan ternyata Sutradara Oh kian lama kian tertarik pada Jung Wan yang bekerja sebagai penulis skenarionya.

Gyu Sik & Ji Hyun (hancinema)
Problem paling berat sesungguhnya dialami oleh Ji Hyun. Di masa lalu ia pernah menikah dengan Anh Do-Young, bahkan memiliki seorang putri yang diakuinya sebagai kemenakan. Sementara kehidupan rumah tangga-nya kini yang nampak bahagia sesungguhnya hanyalah semu. Suaminya, Lee Gyu Sik (Nam Sung Jing) memang sangat mencintai Ji Hyun, namun cinta ini berubah menjadi angkara murka manakala ia menyadari bahwa selama ini Ji Hyun berbohong mengenai statusnya. Apalagi ternyata Ji Hyun memiliki anak dengan PD director Anh. Ji Hyun dan Gyu Sik sendiri memiliki dua anak. Putri pertamanya Lee Se-Ra (Jin Ji Hee) diam-diam gemar minum alkohol, bahkan sepulang dari Amerika hamil diluar nikah. Sementara itu ibu mertuanya gemar melakukan KDRT pada Ji Hyun. Ia menganggap seorang wanita yang berasal dari kelas bawah seperti Ji Hyun tidak layak terangkat menjadi seorang 'madame' mendampingi putranya yang sukses. Masalah diperberat dengan Do-Young yang menyatakan masih mencintai Ji Hyun hingga kini. 

Anh Do-Young & Ji-Hyun (Soompi)
Semua kabut suram kehidupan ini terangkat dengan sendirinya pada episode-episode terakhir K-drama Can We Love. Jung Wan dan Sutradara Oh menjalin kasih dengan niatan untuk segera menikah. Sun Mi pada akhirnya hamil dan memiliki bayi dari Yoon Seok (dapat berondong? aihh chincha...). Ia juga mendukung karir Yoon Seok yang tengah menempuh pendidikan ke luar negeri (selalu ada unsur luar negeri dalam K-drama). Ji-Hyun yang melakukan percobaan bunuh diri membuat suaminya Gyu Sik sangat terpukul. Gyu Sik lalu sadar atas kecemburuannya yang membabi-buta. Ia bersedia melepas dan menceraikan Ji-Hyun agar wanita itu tidak lagi banyak menderita. Namun Ji Hyun memegang tangan Gyu Sik dan meminta agar mereka tetap mempertahankan mahligai pernikahan bersama-sama. Baginya cinta masa lalu dengan Anh-Do Young tinggalah kenangan. Ia tetap ingin bersama-sama dengan Gyu Sik. Pria ini kemudian juga bersikap tegas mengancam keras ibundanya agar tidak lagi menganiaya Ji Hyun. Akting Lim Ye Jin sebagai ibu mertua sadis semoga tidak membuat para wanita urung menikah, hehehe.. (ada adegan menantunya disiram semangkuk bubur panas ke atas kepala).

Drama didukung oleh banyak aktris/aktor dengan kemampuan akting kuat. Belum lagi pemeran PD Director Anh-Do Young (Kim Sung Su) yang super ganteng dan jomblo foreveromoo, omoo,.... Yang menjadi kekurangan menurut saya justru adalah terlalu banyaknya karakter yang hendak dikedepankan. Walaupun jika diringkas memang Jung Wan dan Sutradara Oh-lah yang menjadi pasangan utama. Tetapi tokoh-tokoh lain juga selalu bermunculan dengan problemanya masing-masing. Berbagai konflik yang muncul jadi sangat menguras energi. Seolah hidup ini isinya melulu hanya masalah yang silih berganti tanpa jeda. Lalu tiba-tiba saja penonton digiring pada happy ending untuk semua tokoh. Plot yang terasa kurang sreg adalah sutradara lajang kelas dunia tergila-gila pada janda cerai beranak satu (mungkinkah?). Lalu sahabat semasa kecil yang berani berlaku kejam demi ngotot merebut cinta seorang laki-laki (tega bener?). 

foto : asianwiki

Entahlah, mungkin saya tipe penonton PNP? Percaya nggak percaya?...

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.