Sunday, November 27, 2011

Kumat Fiksi Cengeng (KFC)

Suka baca? Mudah-mudahan suka. Sama seperti saya. Buku adalah jendela dunia. Kadang jika sedang menganggur di ruang tunggu dokter atau dimana aja, saya mengais-ngais bahan bacaan. Apa sajalah, majalah tua, selebaran promosi ini itu atau bahkan potongan koran. Pokoknya jika bengong sambil menunggu sesuatu lalu menemukan secarik kertas bacaan apapun itu, kekosongan jadi terisi dengan kegiatan membaca.

Beberapa kawan yang 'tukang baca' sering memberi saran agar membaca buku ini dan itu. Buku-buku yang agak berat dan menarik. Kadang saya coba ikuti. Kadang saya tidak sanggup dan hanya mampu menyelesaikan 1/2 atau 1/3 bacaan saja. Beberapa buku berupa terjemahan bahasa asing sesungguhnya menarik. Namun karena merupakan hasil terjemahan jadi 'hambar' rasanya, sedikit membingungkan karena ada perbedaan dalam konteks bahasa. Hal ini terkadang membuat saya lelah mengikuti dan malas membaca.

Menurut saya, bacaan bagaikan 'air sejuk' pembasuh jiwa manusia. Lebih banyak membaca maka akan lebih memuaskan dahaga kita. Tidak semua orang senang membaca, tapi saya mewajibkan diri membaca dalam jangka waktu tertentu. Saya butuh sesuatu untuk dikunyah dan diproses oleh otak. Buku tebal pertama yang saya baca adalah serial Lima Sekawan, 'Misteri logam ajaib'. Lucu, bagaimana saya masih ingat dengan jelas tentang buku itu, yang saya tuntaskan membaca ketika duduk di bangku kelas 3 SD. Sejak itu saya jadi penggemar Enid Blython.

Bacaan saya melompat-lompat. Dari novel misteri, kisah cinta, thriller, dst. Sewaktu saya duduk di bangku taman kanak-kanak, nenek sengaja berlangganan majalah Bobo untuk menyenangkan saya (miss you so much, nenek..!). Dalam keadaan belum bisa mengeja dan membaca, saya justru menambah kerjaan nenek. Memaksanya untuk membaca bagi saya tiap kali majalah Bobo datang. Paling disuka adalah kisah keluarga Bobo dan Bona gajah kecil berbelalai panjang. So sweet, hingga hari ini mungkin ribuan atau bahkan jutaan anak kecil masih sangat mencintai Bobo!

Kian dewasa tentu saja jenis buku yang saya lahap makin beragam. Tak dipungkiri, ada beberapa jenis buku yang sedikit lambat bagi saya dalam proses membaca dan mendalaminya. Novel-novel psikologis macam Dunia Sophie, kisah Sybill (The 16 Personalities of Sybill) juga membuat saya juga sedikit terlunta dalam membaca. Untuk buku misteri (semi roman), thriller macam Sydney Sheldon, John Grisham, Mary Higgins Clark, Sandra Brown, Dan Brown, adalah menu kesukaan yang cepat saya lahap.

Nah, acapkali diwaktu senggang rasanya iseng ingin makan 'snack' betul nggak? Diantara banyaknya koleksi bacaan tersebut, sesekali ingin juga membaca sesuatu yang ringan dan gampang dicerna. Jadilah saat ini saya sedang gemar-gemarnya KFC. Kumat Fiksi Cengeng. Membaca novel - novel roman yang super segar, gurih-renyah dan kriukss layaknya keripik. Aneka serial romantis dari Barbara Cartland, Nora Roberts, Rebecca Winters dll. Yup,.. siapa sih yang menolak terlibat kisah romantis dengan pengusaha triliuner seperti dalam novel roman 'Manhattan Transfer' -- sesekali KFC, asyik banget!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.