Wednesday, March 25, 2015

Have Courage And Be Kind

Beranilah dan berbuat baiklah! Itu adalah pesan terakhir ibunda pada Cinderella. Dua kata ini sederhana dan basic sekali. Hanya dengan cara seperti itu Cinderella akhirnya berjumpa dengan pangeran pujaan hati. Seandainya kehidupan semudah itu. Bahwa dengan berani dan berbuat baik maka kita akan mendapatkan imbalan yang tiada tara. Hidup manusia bukanlah sepatu kaca. Sudah berani dan berbuat baik juga belum tentu ada yang menghargai. Jangankan diberi applause atau tepuk tangan. Yang ada biasanya orang akan bertepuk tangan kalau ada yang tertimpa kemalangan. Senang karena ada orang lain yang lebih menderita dibanding dirinya.

Setelah menonton Cinderella, dengan kisahnya yang sangat biasa, dengan nasihat ibundanya yang sangat biasa, bahkan dengan pangeran yang berseragam sangat biasa. Ternyata yang paling istimewapun yaitu menjadi princess Cinderella saya rasakan biasa saja. Yang menjadikannya istimewa adalah momen-momen kesedihan yang harus dihadapi dengan ketegaran. Yang membuatnya berkesan adalah ketika menangis tidak harus sampai tetes terakhir, ketika kecewa tidak menyalahkan orang lain dengan membabi-buta. Itulah Cinderella. Modalnya menjalani hidup sangat sederhana. Nasihat ibunya : have courage and be kind.

Nasihat ini seperti nasihat bagi bayi. Kalau ada monster datang, timpuk saja dengan bantal dan guling. Have courage and be kind. Dalam hidup ini terlalu berani bisa jadi akan mati sia-sia. Berbuat baikpun kadang-kadang hanya menanti imbalan. Kalau dibalas baik, ya baik. Kalau tidak dibalas dengan baik, untuk apa ngotot berbuat baik? Lagi-lagi sia-sia. Namun saya dapat melihat inti dari nasihat ini adalah 'Be Who You Are.' Kalau kita jadi pemberani dan baik tidak usah hiraukan situasi dan pendapat orang lain. Kita berani bukan karena sok gagah, tetapi karena keadaan kehidupan memaksa kita untuk menjadi berani. Kita berbuat baik bukan karena berharap untuk dibalas dengan kebaikan lain yang melimpah-ruah, tetapi karena kita memang orang baik dengan hati yang bersih. Sudah sewajarnya kita berbuat kebaikan. Hidup ini memang tidak mudah, tapi siapa bilang hidup ini tidak berharga? Seperti kata Alice in Wonderland, 'setidaknya sebelum sarapan, biasakan percaya paling tidak ada 6 keajaiban yang muncul hari ini dikehidupan kita.' Believe in miracles,...so, have courage and be kind!

2 comments:

  1. Mbak Winda,... Apa kabar? kalau sempat tolong WA saya yaaaaa..... No mbak hilang... Miss you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Maria dear...hihi maapkan aku ya..dua bulan baru balas komen....WA udah nyambung kan yaaa...jadiiii sebelum ke Jambi kita kemana?

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.