Tuesday, September 22, 2015

Kuliner Kuningan (3) Tahu Kopeci

Nggak tahu kenapa namanya tahu Kopeci? Apakah nama jalan? Ataukah nama daerah? Ataukah nama pembuatnya? Pokoknya tahu ini merupakan salah satu ke-khas-an Cirebon, di acara jalan and hunting hidangan. Lagi-lagi karena masih berasa satu suku, bangsa dan bahasa, dengan mudah saya menuduh tahu Kopeci sama dengan tahu Sumedang. Ngapain sih beli tahu? Yaelah palingan juga beda tipis dengan tahu Yunyi. Saya sih penggila tahu, especially kalau diduetkan dengan sambel tomat pedas. Asik banget! Jadi saya yang udah sering 'makan tahu' sekaligus sok tahu. Beli tahu aja kok diributkan! Tahu dimana-mana sama. Palingan juga beda-beda tipis ajah. Namanya juga tahu.



Tetot! Salah besar. Ternyata tahu kopeci weeeeenaaaaak banget. Gimana ya nyeritainnya? Jadi tahunya lembek, lembut dan gurih tapi nggak keasinan. Maaf tapi kalau menurut saya tahu Sumedang kadang asiiiin banget. Kalau tahu kopeci ini bisa gurih tapi nggak terlalu asin. Kulitnya setelah di goreng juga lembut. Nah, karena lembek dan 'lumer' di mulut, dicocol dengan rawit ketika selepas penggorengan, wuih mantabs! Nah, berikut dibawah ada beberapa foto lokasi tempat beli tahu kopeci. Lagi-lagi saya nggak gitu nyimak nama jalannya karena memang misi saya bukan jalan-jalan sendiri tapi ada 'tugas' yang diemban. Jadi tulisan kuliner ini agak 'mengambang' kurang akurat datanya. Kemana-mana mengikut yang didaulat menjadi guide kami.


Tulisan kuliner Kuningan ini serba tanggung karena memang tidak banyak pembahasannya tapi banyak macam makanannya. Repot juga. Kalau ditulis dalam satu naskah bakal panjang banget. Kalau ditulis terpisah-pisah, isinya secuplik-cuplik. Hanya berupa pembahasan-pembahasan sederhana. Maklum gak sempat wawancara pedagangnya! Semua perburuan kuliner bahkan acara jeprat-jepret foto dilakukan dengan sangat tergesa oleh saya. Diantara kesibukan untuk wawancara narasumber lain dan juga waktu yang memang hanya dua hari satu malam selama berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Tidak ada kesempatan banyak untuk ke kota Cirebonnya.


6 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.