Thursday, April 14, 2016

Drama 16 - Pewaris Tahta (The Heirs) ***

Nonton drama ini udah lama banget. Kayaknya tahun lalu. Bahkan drama ini sepertinya drama Korea pertama yang saya tonton. Saking nggak pernah nonton drama Korea sebelumnya, pertama kali nonton The Heirs terpesona. Sepertinya bagus banget! Setelah banyak drama Korea berikutnya yang saya tonton baru ngeh, terasakan. Bagus. Tapi nggak banget! Pemeran utama adalah Lee Min Ho. Number one Korean actor, yang fotonya segede gaban sebagai bintang iklan sebuah produk kopi (enak juga kopinya!) dipasang di tepi jalan tol Kebun Jeruk menuju Tangerang (saat ini). Gak percaya? Sok atuh menuju ke tekape,..

Lee Min Ho adalah aktor yang relatif muda usia, dibawah 30 tahun. Sangat populer dikarenakan menjadi pemeran utama Boys Over Flowers (versi Korea). Yang versi aslinya di Jepang adalah Hana Yori Dango (manga) dan versi Taiwan jadoel-nya (jaman saya masih muda bahuela; dirilis th 2001) adalah "Meteor Garden." Tentu saja saya sudah merasa sangat cukup dan muntah luber menjadi fans berat Jerry Yan (Dao Ming Shi), Ken Chu (Xi Men), Vaness Wu (Mei Zhuo), Vic Chou (Hua Ze Lei) dan Barbie Hsu (San Chai) di tahun 2001 itu. Dibuat versi apapun bertahun kemudian serial Hana Yori Dango selalu mereguk sukses. Siapa saja yang dikutuk menjadi pemeran utamanya (Jerry Yan dan Lee Min Ho), popularitasnya bakal melejit bertahan selama bertahun-tahun. Of course Boys Over Flowers saya belum nonton. Dikarenakan khawatir termehe-mehe lagi mengenang episode Meteor Garden yang telah berlalu 15 tahun silam. Ketika yang judulnya ngefans aktor sampai gitu-gitu banget! He-he-he,...

However, saya kurang cocok dengan akting Lee Min Ho. The Heirs ceritanya rada aneh menurut saya. Ada dua pemuda pewaris perusahaan konglomerasi yaitu Kim Won (Choi Jin Hyuk) dan Kim Tan (Lee Min Ho). Kim Won adalah anak dari almarhum istri sah sang konglomerat. Ayah Kim Won menikah lagi dengan seorang wanita tapi tidak memiliki anak. Lalu ayahnya memiliki wanita simpanan/mistress yaitu ibunda Kim Tan. Jadi kedua anak ini berbeda ibu namun diasuh, di-register (terdaftar) secara hukum sebagai anak dari istri sah ayahnya yang sesungguhnya tidak pernah melahirkan seorang anakpun. Gak heran ibu ini (istri sah ayah Kim Tan dan Kim Won) kelakuannya aneh dan kadang stress. Sering pula ia menyerang si mistress (ibu Kim Tan). Sampai disini kisah kian rumit. Terjadi persaingan juga karena si sulung Kim Won takut hak waris perusahaan diserahkan pada Kim Tan. Padahal Kim Tan sangat kagum dan memuja kakaknya (aneh pisan!). 

Kim Tan bersekolah di sekolah khusus 'anak tajir.' Agak bingung karena sebelumnya Kim Tan juga bersekolah di Amerika. Jadi sebenarnya duduk di bangku SMA berapa tahun? Lucu dan aneh. Namun entahlah, barangkali nyata? Semua siswa di sekolah tersebut adalah The Heirs atau pewaris tahta perusahaan-perusahaan besar/ternama di Korea. Bahkan Kim Tan juga sudah bertunangan dengan Rachel Yoo (Kim Ji Won) yaitu putri pewaris perusahaan fashion ternama di Korea. Dalam perjalanan cerita, Kim Tan berjumpa gadis yang nasibnya memelas. Gadis itu adalah Cha Eun Sang (Park Sin Hye). Tambah memelas lagi karena ternyata Eun Sang adalah anak ART atau asisten rumah tangga di kediaman Kim Tan. Ibunda Eun Sang yang bisu adalah pelayan utama Madam Han Ki Ae (Kim Sun Ryung) yang tak lain adalah mistress-nya ayah Kim Tan. Percintaan pangeran dan gadis dusun tentu saja menghadapi banyak aral melintang. Kesibukan perebutan menguasai saham terjadi pada ending cerita. Tak lupa dipertontonkan acara bullying di sekolah 'anak tajir'. Kim Tan selalu bersitegang dengan Choi Young Do (Kim Woo Bin) yang tak lain adalah sahabat masa kecilnya. Keduanya juga memperebutkan cinta Eun Sang. Padahal menurut saya karakter Eun Sang dan Young Do nggak cocok banget untuk menimbulkan chemistry. 

foto : viki
Ceritanya agak simpang siur. Tapi cukup bisa dinikmati. Sebagai sepasang kekasih, chemistry antara Kim Tan dan Cha Eun Sang rasanya juga adem ayem saja tuh! Namun kedua aktor dan aktris mendapat penghargaan sebagai pasangan idola dalam drama. Bagi saya yang menarik justru adalah akting Kim Mi Kyung sebagai Park Hee Nam alias ibunda Eun Sang yang bisu. Komunikasi dengan bahasa isyarat tangan maupun tulisan pada notes memberikan visual memelas, haru sekaligus lucu. Pasalnya ibunda Eun Sang ini tipe asisten rumah tangga yang cuek dan tak takut apapun. Yang penting bekerja dengan baik. Dimarahi seperti apapun oleh Madam Han Ki Ae ia selalu sabar dan cuek. Hal ini lama-kelamaan menimbulkan ketergantungan ibunda Kim Tan pada ibunda Eun Sang. Yang awalnya menentang percintaan putranya dengan putri pelayannya, lama-kelamaan Madam Han dapat menerima. Barangkali juga menarik diangkat percintaan Esther Lee (ibunda Rachel Yoo) dengan Yoon Jae Ho (Choi Won Young), tangan kanan di perusahaan ayah Kim Tan. The Heirs menghibur walau rada mumet jalan ceritanya. Almost impossible. Tapi sudahlah tonton saja. Demi Lee Min Ho, number one Korean actor.

2 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.