Monday, April 18, 2016

Drama 17 - Martabat Lelaki (Gentleman's Dignity) *****

Dirilis 2012 oleh SBS (Seoul Broadcasting System; Stasiun TV Korea) serial drama ini tetap berkualitas untuk ditonton pada hari ini. Setiap episode-nya dibuka dengan adegan-adegan lucu yang merupakan sindiran tentang tingkah lelaki. Apakah mereka berusia 20-an atau 40-an ternyata jika para lelaki berkumpul bersama kelompoknya tingkah mereka tetap tidak berubah. Kekanakan. Empat pemeran utama pria estewe berhasil menghidupkan drama ini dari awal hingga berakhir pada episode 16. Walaupun saya kurang cocok dengan akting percintaan Jang Dong Gun dan Kim Ha-Neul (pemeran utama pria dan wanita -- c'mon you can do better guys!) yang menurut saya agak kaku, tetap saja drama ini tidak boleh dilewatkan. Para pemeran pendukung bermain prima!

Jung Rok, Do Jin, Tae San & Choi Yoon (foto:viki)
Adalah empat lelaki yang bersahabat sejak masa sekolah dulu hingga kini. Sekarang, keempatnya berusia 41 tahun. Dihitung-hitung persahabatan mereka berlangsung selama dua puluh tahun. Im Tae San (Kim Su-Ro) dan Kim Do-Jin (Jang Dong Gun) berdua bahu-membahu mengelola firma arsitektur yang sukses. Pada usia 40-an mereka telah menjadi lelaki yang sesungguhnya dengan memiliki usaha sendiri. Choi Yoon (Kim Min Jong) adalah pengacara yang juga memiliki firma hukum sendiri dan berafiliasi dengan sahabat-sahabatnya Tae San dan Do-Jin. Semua legalitas perusahaan arsitektur di-handle oleh pengacara Choi. Sementara itu Lee Jung Rok (Lee Jong Hyuk) adalah satu-satunya pria yang menikah dari keempat sahabat itu. Istrinya bernama Park Min Sook (Kim Jung Nan) berusia lebih tua namun cantik jelita dan berharta banyak. Sehari-hari Jung Rok mengelola Coffee-Shop atas modal istrinya. Namun diam-diam tanpa sepengetahuan sang istri Jung Rok juga memiliki bar dan lounge. Keempat pria sering berkumpul dan mengobrol di Coffee  Shop maupun Bar milik Jung Rok. 

Plot dibuat menarik dan lucu. Do-Jin adalah pria yang paling tampan dan cool dari keempatnya. Tae San seorang yang spontan, macho dan emosional. Choi Yoon disebut-sebut sebagai yang paling pintar dan bijaksana. Sementara Jung Rok adalah lelaki buaya yang tak segan-segan memburu wanita manapun yang menurutnya menarik. Hubungan suami-istri antara Jung Rok dan Min Sook sangatlah dinamis diwarnai tuduhan-tuduhan selingkuh dan pembelaan diri mati-matian alias ngeles. Hampir empat puluh kali selama kehidupan pernikahannya Min Sook mengancam minta cerai. Setiap kali itu pula ketiga sahabatnya yang lain langsung membela Jung Rok, mencoba menutupi boroknya dan meminta maaf pada Min Sook. Pasalnya Min Sook yang kaya raya memiliki gedung-gedung perkantoran. Salah satunya adalah gedung yang disewakan di bawah harga pasar bagi kepentingan firma arsitek dan firma hukum milik ketiga sahabat Jung Rok itu.

Choi Yoon dan Tae San aktif dalam perkumpulan baseball. Mereka berteman baik dengan seorang guru SMU jelita bernama Seo Yi-Soo (Kim Ha Neul) yang juga tergabung dalam group baseball mereka. Diam-diam Yi-Soo naksir berat pada Tae San. Pada hari ulang tahun Tae San ia bermaksud memberikan sebuah kado. Pahitnya pada hari hari itu Tae San menilpon Yi Soo dan menyatakan maksud ingin berkencan dengan sahabat serumah Yi Soo (teman kost) yang adalah pe-golf profesional Hong Se Ra (Yoon Se Ah). Se Ra sangatlah cantik, seksi dan mudah bergaul dengan para pria. Pergi ke bar dan berkumpul bersama mereka tanpa rasa canggung. Entah mengapa Tae San sama sekali tidak pernah mempertimbangkan Yi Soo yang lembut dan alim. Justru ia jatuh cinta pada Se Ra yang bergaya hidup bebas dan bikin pusing kepala. Yi Soo akhirnya menyimpan rasa itu sendiri. 

Ketika sedang berada di Coffee-Shop, Do-Jin melihat seorang wanita cantik berteduh dari hujan di depan cafe. Pikirannya melayang dan seketika ia merasa tertarik pada wanita itu. Namun mendadak wanita itu pergi dan ia tidak pernah lagi melihatnya. Di lain kesempatan ketika sedang berjalan-jalan di kaki lima, tas Do-Jin menyangkut pada rok seorang perempuan yang mengenakan gaun rajut berbahan wool. Otomatis benangnya tertarik dan membuat gaun wool itu rusak hingga pakaian dalam sang wanita terlihat. Do Jin kemudian membantu wanita itu dan membeli secarik kain untuk dikenakan sebagai penutup gaun. Ketika Do Jin ingin bertanya tentang identitasnya, wanita itu lagi-lagi mendadak menghilang dengan menumpang taksi. Tanpa ia sadari wanita itu adalah Yi Soo yang merupakan kenalan dari Tae San dan Choi Yoon.

 Collin,--Min Sook,--Yi Soo--Se Ra--Maeri
Dalam kesempatan berikutnya Do-Jin berhasil mengenal Yi Soo dan segera menyadari bahwa Yi Soo jatuh cinta pada Tae San. Do Jin juga memiliki gaya hidup bebas. Ia berkencan dengan banyak wanita tanpa keinginan untuk terikat. Awalnya Do Jin ingin menjadikan Yi Soo sebagai salah satu perempuan koleksinya. Namun sifat Yi Soo tidaklah demikian mudah untuk jatuh hati pada Do Jin, apalagi ia menyimpan perasaan kuat pada Tae San. Untuk menutupi cinta yang bertepuk sebelah tangan, Yi Soo seringkali menggunakan Do-Jin sebagai tameng. Diakuinya kepada Tae San dan Se Ra bahwa ia menyukai Do Jin. Dalam berbagai kesempatan ia menipu teman-temannya yang lain dengan menyatakan Do Jin adalah pujaan hatinya. Awalnya Do Jin masih bersedia membantu Yi Soo namun lama-kelamaan ia menjadi muak dan marah besar. Do Jin lalu mengancam Yi Soo untuk melupakan dirinya dan jangan pernah pula bertemu apalagi berteman lagi. Saat itulah Yi Soo menyadari bahwa hatinya telah berubah. Dengan sifat yang tidak mudah menetapkan rasa hati pada perempuan, Do Jin ternyata serius dan banyak berkorban bagi Yi Soo. Setelah menangisi kebodohannya Yi Soo lalu berusaha mengambil hati Do Jin kembali. Situasi berubah 180 derajad. Yang tadinya dikejar-kejar sekarang mengejar-ngejar. Ups!

Plot cantik lainnya adalah bagaimana Im Tae San berusaha menundukkan Se Ra yang berlaku sedikit liar dengan para pria di sekelilingnya. Se Ra akhirnya sadar bahwa Tae San adalah lelaki utama tambatan hatinya dan ia tidak lagi berani macam-macam. Sementara itu Tae San juga memiliki seorang adik perempuan bernama Im Maeri, berusia 24 tahun. Gadis ini sejak masih kecil jatuh cinta pada Choi Yoon. Padahal ada gap perbedaan usia 17 tahun diantara mereka (nyambung gitu?). Choi Yoon sendiri sudah empat tahun menduda sejak istrinya wafat. Sesungguhnya ia juga mencintai Maeri namun tidak berani melangkah lebih lanjut karena Tae San tidak merestui hubungan mereka. Tae San mengancam tidak mau mengenal keduanya lagi jika mereka menjalin kasih. Sekalipun bersahabat baik Tae San tidak sudi satu-satunya adik perempuan yang masih sangat belia berhubungan dengan Choi Yoon yang adalah duda berusia 41 tahun. Setiap saat Maeri mencucurkan air mata berusaha merubah pendirian Tae San dan Choi Yoon, namun keduanya kokoh bertahan. 

Kisah semakin seru ketika akhirnya Do Jin dan Yi Soo menjalin hubungan tiba-tiba terbuka sebuah fakta bahwa Do Jin memiliki anak remaja berusia 19 tahun. Di usia 22 tahun ternyata Do Jin pernah menghamili seorang wanita tanpa ia sadari. Wanita itu lari ke luar negeri dan memiliki kehidupan baru di sana. Sang anak yang penasaran kemudian datang dari Jepang dan mencari tahu siapa sesungguhnya ayahnya. Tentu saja semua orang terhenyak kaget. Namun tak lama kemudian mereka menerima keberadaan Collin (Lee Jong Hyun) yang adalah putra Do Jin. Bahkan Collin menjadi murid di sekolah tempat Yi Soo mengajar. Ending berakhir manis bagi semua tokoh. Choi Yoon menikahi Im Maeri yang belia. Se Ra mengandung anak dari Im Tae San. Do Jin juga melamar Yi Soo di hadapan semua sahabat-sahabat dan putranya. 

Banyak dialog menarik dan 'bernas' dalam film ini. Diantaranya ketika mengobrol dan Yoon bertanya, "Tae San, seandainya saat itu kamu yang menghamili ibunya Collin dan ia minta pertanggungjawaban apakah kamu akan bersedia?" Tae San menjawab tegas dan spontan, "Tentu saja, aku akan bertanggung-jawab!" Yoon lalu berkata, "Kamu berkata demikian karena kini usiamu empat puluh satu tahun. Namun jika saat ini usiamu dua puluh dua tahun dan sedang kuliah, aku tidak yakin kamu akan menjawab setegas ini. Pasti kamu akan panik dan kebingungan,..." Tae San mengangguk, "Benar juga..." Akting Kim Su Ro sebagai Im Tae San dan Lee Jong Hyuk sebagai Lee Jung Rok keren abis! Kocak, seru dan memikat. Menjadikan serial drama ini kian berbeda warna. Pertanyaannya : mungkinkah martabat lelaki baru muncul setelah berusia 40 tahun? Telat gak tuh..?

2 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.