Monday, April 25, 2016

Drama 22 - Si Pemulih (Healer) *****

Fantasy yang berhasil menjadi reality adalah definisi tepat untuk drama ini. Ceritanya penuh khayalan, tapi berhasil membuat penonton percaya dan terpesona. Boleh saja dikatakan bahwa drama ini banyak meniru plot mini seri Amerika yang sangat sukses seperti Criminal Minds, CSI dan Arrow atau Person of Interest. Tapi nyonteknya berhasil banget. Apalagi dikombinasi dengan bumbu romance ala melodrama Korea. Belum lagi casting yang sangat pas dan mendukung dari semua pemerannya. Drama ini memiliki segalanya: action, hi-tech, romance, mystery and family story. Definitely must watch! Dirilis akhir 2014 oleh jaringan televisi KBS2, saya yang baru selesai menonton keseluruhannya pada minggu lalu, terpatri di depan pesawat TV sejak episode 1 hingga 16.

Lima reporter muda yang terdiri dari empat pria dan satu wanita yaitu Kim Moon Sik, Oh Gil Han, Seo Joon Seok, Ki Young Jae dan Choi Myung Hee pada akhir tahun 80-an menjalin persahabatan yang sangat erat. Sayang persahabatan itu kini tinggal kenangan. Choi Myung Hee (Do Ji Won) yang dulu menikah dengan Oh Gil Han kini telah menikah lagi dengan Kim Moon Sik (Park Sang Won), pria yang sangat kaya dan memiliki jaringan surat kabar besar di Korea. Sejak masih sangat muda Kim Moon Sik yang juga tergabung dalam persahabatan lima reporter jatuh cinta pada Choi Myung Hee. Sayang Choi Myung Hee memilih untuk menikah dengan Oh Gil Han. Kesempatan Moon Sik menikahi Myung Hee muncul setelah Oh Gil Han tewas. 

Healer, Park Young Shin/Jian, Kim Moon Ho
Tahun 1992 menjadi titik balik kisah lima reporter. Kala itu terjadi malapetaka dalam persahabatan mereka. Oh Gil Han (Oh Jong Hyuk) terbunuh dalam sebuah aksi reportase perburuan berita besar dan tersangka pembunuhnya adalah Seo Joon Seok (Ji Il Joo) sahabatnya sendiri, yang tak lama juga mati bunuh diri. Sementara itu putri tunggal Oh Gil Han dan Myung Hee yang bernama Oh Jian kala itu berusia lima tahun hilang dalam kerusuhan saat keluarga mereka diburu oleh kelompok oknum yang terganggu oleh aksi reportase. Myung Hee sendiri tertabrak mobil dalam pelarian dan dirawat di rumah sakit hingga setahun lamanya. Ia tak mampu mencari keberadaan putrinya, Jian. Moon Sik berbohong dengan mengatakan bahwa gadis kecil itu turut tewas dalam kerusuhan. Kondisi kesehatan Myung Hee sangat rentan dan ia selalu berada di atas kursi roda sejak kecelakaan itu.

Selain Oh Jian yang hilang, malapetaka persahabatan lima reporter juga berdampak pada Seo Jung Hoo (Ji Chang Wook) putra dari Seo Joon Seok. Karena ayahnya dicurigai sebagai pembunuh dan kemudian juga bunuh diri maka Jung Hoo tumbuh menjadi pribadi yang penuh luka batin. Ia menjadi penyendiri/ loner. Apalagi ibundanya sengaja meninggalkan Jung Hoo dan bahkan berkeluarga lagi. Ibu Jung Hoo sangat terpukul dan trauma dengan kasus bunuh diri suami serta tuduhan bahwa Seo Joon Seok adalah pembunuh. Dengan terseok-seok Seo Jung Hoo tumbuh seorang diri dari satu rumah yatim ke rumah yatim lainnya. Hingga akhirnya ia diasuh oleh Ki Young Jae (Oh Gwan Rok) yang juga anggota dari persahabatan lima reporter. Young Jae sempat dipenjara oleh pemerintah selama sebelas tahun karena aksi radikal reportasenya. Sekeluarnya dari penjara itulah ia mulai mengasuh Jung Hoo. 

Pola asuh Young Jae cukup unik. Ia mengasuh Jung Hoo untuk menjadi pria muda yang tangguh, mandiri, petarung sejati, ahli bela diri dan penyamaran. Jung Hoo dididiknya untuk menjadi healer, yang disebut-sebut sebagai petugas kurir malam. Sesungguhnya healer menerima pekerjaan dirty job untuk melakukan tugas-tugas rahasia yang berbahaya. Seperti mengambil barang bukti. Mengamankan seseorang. Menguntit dan memata-matai. Semua tugas yang terkait dengan spinonase dan intelligent sebagai pekerjaan freelance, tanpa terkait dengan institusi pemerintah seperti kepolisian. Healer pantang membunuh dan pantang mencari tahu urusan clients. Tentu saja tugas-tugas semacam ini dibayar mahal dan mengandung resiko keselamatan yang besar. Jung Hoo dibantu oleh hacker wanita senior Jo Min Ja (Kim Mi Kyung) dan gadis petarung yang tomboy Kang Dae Yong (Taemi). Dalam tugas terakhir, Jung Hoo/Healer dijebak oleh Kim Moon Sik dan dijadikan tersangka pembunuhan.

Sementara itu Kim Moon Sik memiliki seorang adik lelaki yaitu reporter Kim Moon Ho (Yoo Ji Tae) yang ganteng dan sangat populer. Sejak masih kanak-kanak Moon Ho sangat mencintai Myung Hee dan Jian. Sudah lama ia membenci kakak kandungnya sendiri, Moon Sik. Ia tahu bagaimana kotor dan jahatnya pengkhianatan sang kakak pada kawan-kawannya sendiri. Sejak kejadian malapetaka lima reporter, Moon Sik bernaung di bawah lindungan sesepuh Elder (Choi Jong Won). Lelaki tua ini misterius keberadaannya namun kekuasaannya menggurita di belakang layar dunia politik dan bisnis. Berita reportase besar yang diburu Gil Han dan Joon Seok rupanya adalah salah satu bisnis kotor dari sang sesepuh/elder. Dibawah lindungan Elder inilah karir serta kekayaan Moon Sik melejit. Kini ia bahkan berada pada posisi untuk mencalonkan diri sebagai walikota Seoul. Kejadian yang sesungguhnya adalah Gil Han dibunuh oleh antek-antek Elder dan Joon Seok difitnah lalu dibunuh juga. Sementara Moon Sik membuat kesaksian yang penuh dusta atas arahan Elder.

Dalam penugasannya Jung Hoo (healer) juga berjumpa dengan Jian, kini bernama Chae Young Shin (Park Min Young) diasuh oleh ayah angkat Chae Chi Soo (Park Sang Myeon) yang sangat menyayanginya. Cerita bergulir cepat hingga akhirnya Chae Young Shin dan healer bekerja sebagai reporter di Someday News milik Kim Moon Ho. Kim Moon Ho lalu bercerita bahwa pada masa remaja ia adalah paman (uncle) Moon Ho bagi Young Shin/Jian dan Jung Hoo yang kala itu berusia lima tahun. Ia sangat mencintai Jian dan Jung Ho. Ia juga sering menjadi baby sitter yang mengasuh keduanya. Kim Moon Ho juga menceritakan bagaimana kedua anak kecil itu selalu bermain bersama dan tak mau berpisah. Tentu saja pada usia 28 tahun saat ini Jung Ho dan Young Shin/Jian jatuh cinta sungguhan satu sama lain. Takdir berupa ikatan masa lalu rupanya tak bisa lepas dari keduanya. Jung Hoo dan Young Shin/Jian menjadi sangat hormat dan patuh pada Kim Moon Ho. Mereka bertiga dibantu oleh ahjumma (Tante) Jo Min Ja dan detektif kepolisian cyber crime Yoon Dong Won (Jo Han Chul) berusaha membuka kedok dan borok dari Kim Moon Sik dan Elder. 

Action yang dimunculkan dari drama ini bagus sekali. Sekalipun tak banyak, Ji Chang Wook tampak sangat piawai dalam adegan ilmu bela diri. Tak kalah dengan Jacky Chen. Sementara akting Kim Mi Kyung sebagai ahjumma (Tante) Jo Min Ja, si hacker wanita yang kocak bagi saya bahkan terasa lebih menawan dari akting Kirsten Vangsness sebagai Penelope Garcia dalam Criminal Minds. Sementara itu totalitas akting Park Min Young yang jatuh cinta pada Ji Chang Wook tergambar dengan sangat manis. Sweet and cute. Bagaimana Chae Young Shin yang penakut dan harus minum obat karena sesak nafas jika melihat kejadian kekerasan selalu dilindungi oleh Jung Hoo (Healer) yang justru sangat terbiasa untuk bertarung. Bahkan ada adegan Jung Hoo bertarung dengan gaya cuek sambil menerima telepon dari Chae Young Shin. Cinta antara dua anak kecil yang dulunya berusia lima tahun dan gemar bermain rumah-rumahan terjalin erat di usia dewasa. Chemistry Ji Chang Wook dan Park Min Young tidak bercela dalam memerankan sepasang kekasih. Romantis bangeud!

2 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.