Thursday, July 28, 2016

K-Movies (5) Joint Security Area (Daerah Netral) ****

Sutradara Park Chan Wook memperoleh banyak penghargaan untuk film "Joint Security Area" dan film "Oldboy" yang ia buat empat tahun kemudian. Film ini berdasarkan novel karya Park Sang Yeon. Poster film-nya mirip-mirip poster film  A Few Good Men (Tom Criuse & Demi Moore), tapi ceritanya tentu saja berbeda. Film ini dirilis tahun 2000 dan ditaburi bintang-bintang top Korea seperti Lee Byung Hun (bintang Korea yang sudah 'nyemplung' Hollywood dalam film Terminator & G.I. Joe), si serba bisa Song Kang Ho, Shin Ha-Kyun dan Lee Young Ae (pemeran The Jewel in The Palace sebagai Jang Geum). Kisahnya merupakan komedi satire yang berakhir tragis. 

Terjadi penembakan yang menewaskan dua perwira Korut di perbatasan. Tersangkanya adalah tentara Korsel bernama Sgt. Lee Soo-Hyuk (Lee Byung Hun). Ia seolah menghadapi tekanan batin dan secara psikologis terganggu oleh tragedi itu. Bibirnya terkatup rapat, ia menyampaikan disposisi tertulis mengenai tragedi di perbatasan namun tak mau bercerita lebih lanjut tentang kejadian yang sesungguhnya. Seorang perwira cantik dari Swiss yang masih keturunan Korea ditugaskan untuk menyelidiki kasus tersebut. Maj. Sophie E. Jean (Lee Young Ae). Perwira wanita ini juga bingung dihadapkan pada kenyataan mengapa para perwira yang bertugas di perbatasan malahan baku tembak? Tokh tidak ada indikasi perang. Kedua negara (Korut dan Korsel) bagaimanapun juga berasal dari keturunan Korea yang sama. Masih bersaudara walaupun berbeda filosofi negara. 

Berbagai penyelidikan dan dugaan perlahan mulai menguak tabir misteri. Sophie (yang ibunya bule Swiss dan ayahnya Korea) menemukan bahwa ada orang lain di tekape ketika terjadi penembakan tersebut. Yang tadinya diduga hanya empat orang dalam satu ruangan, terindikasi ada orang kelima. Dan orang itu adalah perwira Nam Sung-Shik (Kim Tae Woo). Penyelidikan dan desakan yang terus-menerus membuahkan tekanan jiwa hingga perwira Nam Sung Shik terjun dari lantai atas gedung. Sementara itu perwira Lee Soo-Hyuk akhirnya juga bunuh diri karena tak ingin menceritakan perihal yang sebenarnya. Perwira yang tertinggal dan bertahan dalam kasus ini hanyalah perwira Korut Sgt. Oh Kyeong-Pil (Song Kang Ho). Sebagai perwira Korut, Kyeong Pil sangat cerdas, bijaksana dan berdedikasi. Hatinya juga baik. Ia pernah menolong Lee Soo Hyuk yang terjerat ranjau (bom yang ditanam di tanah). 

Berawal dari situ, Soo Hyuk bersahabat dengan Kyeong Pil dan rekannya perwira Jung Woo Jin (Shin Ha Kyun). Soo Hyuk juga memperkenalkan perwira yang bertugas bersamanya Nam Sung Shik (Kim Tae Woo). Keempat perwira penjaga perbatasan yang sering merasa bosan kemudian menjadi 'gank gaul.' Dua perwira Korut dan dua perwira Korsel. Mereka menghabiskan waktu di pondok jaga perbatasan Korut dengan bermain kartu, mengobrol, melukis dan bahkan saling memberikan hadiah saat ada yang berulang-tahun. Persahabatan ini kian erat dan keempatnya melupakan tugas yang diemban oleh masing-masing orang sebagai perwira penjaga perbatasan Korut dan Korsel. Suatu malam seorang perwira Korut lainnya muncul dan memergoki persahabatan yang aneh ini. Situasi sangat menegang. Dalam keadaan salah paham Nam Sung Shik menembak perwira Korut yang baru muncul. Jung Woo Jin yang hendak balas menembak Nam Sung Shik (padahal baru diberi kado ulang tahun oleh Nam Sung Shik) ditembak oleh Lee Soo Hyuk. Oh Kyeong Pil kemudian membereskan semua kekacauan itu dengan menembak mati rekannya yang masih sekarat dan meminta Lee Soo Hyuk dan Nam Sung Shik segera kembali ke markasnya. 

Sekalipun ia tidak lagi bertugas menyelidiki kasus tersebut Sophie merasa puas karena berhasil memecahkan misteri dan mengkonfirmasi dengan diam-diam pada Oh Kyeong Pil tentang kejadian yang sesungguhnya. Ia juga kemudian menemukan sebuah kenyataan pahit manis. Ayahnya ternyata adalah salah satu jendral Korut yang dibuang ke negara Eropa pada masa pergolakan Korea karena pertentangan pendapat dengan penguasa Korea saat itu. Maka dari itu ayahnya tak pernah kembali ke Korea. Sophie sendiri kini lebih banyak menjadi orang 'bule' ketimbang orang Korea. Karena tak sekalipun ia pernah mengunjungi Korea, hanya sekali ini saja demi sebuah penyelidikan tentang tragedi kecil persahabatan tentara perbatasan Korut-Korsel yang berakhir dengan tragedi. 

foto : berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.