Tuesday, August 9, 2016

K-Movies (14) Clash of The Families (Perselisihan Antar Keluarga) ***

Film ini memiliki judul lain, Meet The In-Laws (rilis 2011). Purely entertainment, sangat menghibur untuk ditonton pada siang bolong dengan ngemil kacang bandung atau kacang bawang. Kisahnya sweet romance antara Cho Hyun Joon (Song Sae Byeok) yang adalah sahabat pena Gwang Da Hong (Lee Si Young). Keduanya saling jatuh cinta dan dalam tahap ingin memperkenalkan pasangan pada keluarga masing-masing. Sialnya kedua keluarga tidak masalah dengan calon menantu manapun asalkan jangan dari daerah tertentu (boleh menantu dari mana saja asal jangan orang Batak! contohnya). Keluarga Gwang menolak menantu dari daerah Jeolla-Do. Ayah Da Hong, Young Kwang (Baek Yoon Sik) sangat benci orang-orang Jeolla-Do. Rupanya ketika SMA ia adalah pemain baseball kenamaan dan matanya terluka oleh pemain baseball dari Joella Do yang tak lain dan tak bukan adalah (kebetulan slash sialnya) Cho Se Dong (Kim Eung Soo), ayahanda dari Hyun Joon.

Diwarnai oleh berbagai kelucuan, film ini cukup menghibur walau ceritanya sederhana. Sederhana karena permusuhan dibuat sangat rumit gara-gara masalah main baseball ketika ayah masing-masing masih duduk di bangku SMA (helllouwww..) dengan flashback berupa gambar kartun. Dalam film ini dikisahkan Hyun Joon punya profesi diam-diam sebagai kartunis (penulis cerita kartun) yang sangat sukses dengan nama samaran Hyun Ji. Maka dari itu flashback pun dikembalikan dengan gambaran kartun tentang masa-masa pertandingan baseball antara kedua ayah. Percintaan dan pernikahan yang dihalang-halangi antara keduanya tidak lalu serta merta membunuh cinta yang ada. Masing-masing berkeras mempertahankan. Ada adegan konyol ketika Da Hong dipaksa menikah dengan lelaki pilihan ayahnya diperankan oleh Jung Woong In. Lelaki ini kabur dari gedung resepsi, batal menikahi Da Hong setelah kekasihnya datang ke acara pernikahan tersebut dan memaksanya untuk pergi dari acara pernikahan. Kekasihnya adalah seorang pria kekar berewokan!

Dengan plot sederhana dan kisah yang membanyol akting para pemeran dalam film ini juga maksimal serta bertabur bintang. Adegan percintaan antara Hyun Joon dan Da Hong diperankan dengan sangat lebay kocak oleh Song Sae Byeok dan Lee Si Young. Da Hong cantik dan berambut bop pendek namun untuk terkesan feminim ia mengibuli Hyun Joon dengan wig rambut panjang keriting yang imut. Sementara itu Hyun Joon berwajah polos dan agak bodoh namun berhati baik dan tulus. Sering dipukul dan di keroyok karena ia kerap membawa-bawa tas berisikan pakaian wanita dan memotret baju/sepatu wanita serta barang-barang perempuan lainnya. Ia dianggap weirdo dan aneh. Ternyata semua itu dilakukan demi inspirasi menulis komik cewek. Karena profesinya sebagai penulis komik ia harus menggali inspirasi dengan membawa/memotret barang-barang cewek. Sementara kakak lelaki Da Hong (diperankan oleh Jung Sung Hwa, kdrama: personal taste) secara aneh menunjukkan kecenderungan kewanitaan dengan memiliki kamar yang serba pink dan mengoleksi komik cewek karangan Hyun Joon. Serta merta ia pun menjadi fans dari penulis komik yang sekaligus calon adik ipar itu.

Bahkan kemunculan Lee Han Wi sebagai DJ yang mengajari Hyun Joon dialek Seoul pun sangat lucu dan menginspirasi. Pria paruh baya yang perannya dalam film bertebaran dimana-mana laksana hujan musim semi ini muncul kocak dengan anting di kuping kiri dan mengenakan scarf lebay di leher. Ia memaksa Hyun Joon berlatih untuk menghilangkan aksen bicara Joella-Do yang 'ndeso' dan menggantinya dengan gaya bicara elegan ala Seoul. Maklumlah, calon mertua sangat benci orang-orang Joella Do! Tak disangka dan tak di nyana ibunda Da Hong ternyata adalah wanita yang berasal dari Joella Do. Selama ini ia menyembunyikan identitas demi memuaskan ego suami yang bencibanget.com dengan Joella Do. Ibunda Da Hong yang bernama Choon Ja (Kim Soo Mi) ternyata diam-diam sangat mendukung Hyun Joon untuk menjadi menantunya. Hal ini secara tak langsung meluluhkan hati ayah Da Hong. Permusuhan pun pudar dalam pertandingan baseball kenangan antara kedua ayah yang estewe. Kim Soo Mi adalah aktris senior berusia 60th-an dengan kecantikan abadi. Gayanya yang slengekan -- ala nenek-nenek-cuek mengingatkan saya pada almarhumah Joan Rivers. Tak lupa akting Kim Jung Nan sebagai bibinya Da Hong juga mempermanis film ini. Dan siapakah Kim Jung Nan? Dia adalah pemeran wanita-maha-kaya-judes-cinta-suami-berondong, Mrs. Park Min Sook dalam K-Drama A Gentleman's Dignity.

2 comments:

  1. Ide flash back kartun untuk tokoh kartunis.. kereen.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jadi ibunya tokoh cewek itu aktris lawas korea lho.. masih kelihatan cantik..

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.