Monday, September 1, 2014

Nostalgia Setelah SMA

Masa kuliah saya habiskan di sebuah perguruan tinggi swasta jurusan ekonomi akuntansi di Yogyakarta. Menurut saya masa kuliah adalah masa bersekolah yang paling menyenangkan sepanjang kehidupan saya. Karena bebas dari kungkungan orang-tua, tinggal di kota pelajar dan belajar mandiri serta serta bersosialisasi dengan aneka kawan baru dari berbagai wilayah di Indonesia. Jangan salah, mahasiswa perguruan tinggi di Yogyakarta berasal dari seluruh penjuru wilayah Indonesia. Kuliah di Yogya biayanya relatif lebih murah dibanding kuliah di Jakarta atau Bandung misalnya. Bahkan suasananya masih 'kota kecil yang nyaman.' Sehingga persaudaraan dan kekeluargaan sangat kental. 

Sejak lahir hingga lulus SMA saya hanya bertempat tinggal di kota kecil tempat saya dilahirkan itu. Jujur sudah lama saya bosan dengan keadaan kota kelahiran. Saya sangat menyukai kesempatan ketika akhirnya saya tiba di Yogyakarta dan mulai kuliah disana. Menurut saya segalanya terasa fantastik ada sedikit misteri untuk kehidupan yang akan dijalani selanjutnya. Saya bahkan suka bertemu dengan kawan-kawan baru dari berbagai kota lain. Menurut saya mereka lebih terbuka, mudah bekerja sama dan banyak memberikan contoh sikap-sikap baik serta toleran. Lebih santai dalam memandang kehidupan. Beda dengan tipikal orang-tua di kota kecil tempat saya dilahirkan yang seolah memiliki keseragaman pandang bahwa anak-anak yang masuk ranking adalah anak yang hebat dan sukses kelak. Hello?...

Anyway apa yang saya rasakan tentang kampus hingga kini tetaplah sama. Sekalipun kampus saya namanya tidak sampai mendunia atau bergaung menjadi juara lomba ini dan itu, saya merasa pendidikan budi pekerti di kampus cukup terbina baik. Dosen-dosen kami ketika itu muda-muda dan pandangannya maju ke depan. Tidak sempit dan banyak memberikan gambaran kehidupan di dunia kerja. Penampilan mereka pun sebagai dosen sangat rapi, rata-rata berkemeja putih panjang dan berdasi. Menunjukkan citra pekerja yang berkualitas, paling tidak dari segi penampilan terlebih dahulu. He-he,... Dan pertemanan juga menyenangkan. Satu angkatan kira-kira mungkin 300-400 orang. Tentu saja tidak semuanya saya kenal baik, tetapi sebagian tentu tahu.

Setelah lulus berpuluh tahun namanya dan jumpa lagi dengan berbagai kawan dari kampus. Kami cepat menjadi kompak dan selalu berteman. Entah dulu pernah kenal atau tidak di kampus, yang penting satu kampus dan satu angkatan. Ada juga beberapa angkatan yang berbeda. Jika ada waktu dan kesempatan kadang berkumpul bersama. Khususnya jika ada kawan yang datang dari luar kota atau luar negeri. Acara kumpul-kumpul menjadi seru dan menyenangkan. Saling bertukar kisah pengalaman hidup, pengalaman kerja dan pengalaman berkeluarga. Memang menyenangkan jika berjumpa kawan-kawan yang seusia sehingga tidak ada kendala untuk berkomunikasi tentang masa lalu, masa kini bahkan masa mendatang. Bukannya tidak mau berkumpul dengan mereka yang lebih muda usia. Namun terkadang kami sendiri masih merasa muda belia, kok dipandang lebih tua? Ha-ha,..

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.