Wednesday, September 14, 2016

K-Movies (21) New World (Dunia Baru) *****

Choi Min-Sik, Hwang Jung-Min dan  Lee Jung-Jae adalah tiga nama besar yang menjadikan "jaminan" film ini top markotop! Keren! Belum lagi sejumlah aktor/aktris Korea lainnya yang turut mendukung adalah wajah-wajah yang tak asing dan banyak sekali malang melintang di berbagai serial drama/ film. Choi Min Sik tentu saja adalah "si gila psikopat Kyung Chul" dalam I Saw The Devil. Hwang Jung-Min dengan wajah yang terkategori 'biasa saja' selalu berperan dalam film-film yang luar biasa, seperti peran dukun aneh dalam The Wailing. Lee Jung-Jae si ganteng pujaan hati kaum hawa pernah tampil ganteng, lucu, bloon, seru dalam Big Match. Akting ketiga orang aktor ini dibantu dengan akting Song Ji Hyo (Running Man), Choi Il Hwa (langganan berperan sebagai ayah di film/drama -contoh: Temptation :D), Kim Byung Ok (langganan berperan sebagai penjahat di film/drama- contoh: Old Boy :D) dan si keren Park Seong Woong yang baru saja saya saksikan dalam film The Shamless (peran dewasa).

Officer Lee Ja Sung (Lee Jung Jae) adalah polisi yang menyamar dalam organisasi kriminal berkedok Perusahaan Goldmoon. Pimpinan utama mafia ini mendadak mati terbunuh dalam kecelakaan. Ada tiga successor atau calon penggantinya : Jang Soo Ki (Choi Il Hwa) yang paling senior namun tak bergigi/tanpa power, Lee Joong Goo (Park Sung Woong) yang ambisius dan Jung Chung (Hwang Jung Min) yang masih keturunan Cina. Officer Ja Sung sesungguhnya sudah sangat lelah menyamar dalam kelompok mafia ini. Tidak tanggung-tanggung, sudah sepuluh tahun ia bekerja sambil menyamar bagi para gangster! Namun atasannya di kepolisian Officer Kang Hyung Chul (Choi Min Sik) memaksanya untuk bertahan sedikit lebih lama lagi dalam organisasi tersebut karena ia ingin polisi terus mengawal ketat para mafia. Dalam organisasi Goldmoon Lee Ja Sung berada pada layer dibawah ketiga successor. Ia hanyalah tangan kanan dari Jung Chung. Artinya ia adalah someone in the organization but nobody in the line of throne. Punya posisi yang cukup tinggi tetapi bukan calon pimpinan utama/boss gangster.

Twist yang terjadi dalam kisah film ini sangat brilliant. Dengan matinya sang pimpinan utama sebenarnya Jung Chung berada dalam posisi kuat untuk menggantikan. Tetapi Lee Joong Goo melawan keras. Jung Chung juga pandai. Ia membongkar penyamaran polisi dalam organisasinya dan membunuh mereka di depan mata officer Lee Ja Sung. Ja Sung sangat stress dan ketakutan hanya Tuhan yang tahu mengapa Jung Chung tidak membunuhnya. Jung Chung dan Ja Sung sangatlah dekat/akrab sehingga saling memanggil brother dan karena sejarah masa lalu saat "merintis 'karir" sebagai gangster Jung Chung berjumpa pertama kalinya dengan Ja Sung. Maka ia sangat menyayangi Ja Sung, keduanya juga adalah orang-orang Korea yang masih punya darah keturunan Cina. Karena kasih sayang persaudaraan inilah maka sekalipun Jung Chung tahu Ja Sung adalah seorang polisi ia tidak membunuh saudara angkatnya itu. Operasi kepolisian dalam kelompok Goldmoon disebut operasi New World (dunia baru) karena dengan tewasnya sang big boss akan terjadi pergantian pimpinan dengan kiprah yang baru. 

Dalam pertarungan seru antar para anggota gangster Jung Chung terluka parah, sebelum mati ia memberi nasehat pada Ja Sung bahwa untuk selamat ia harus mengamankan posisi-nya dengan baik. Ia bahkan memberi hadiah kejutan bagi Ja Sung sebuah jam tangan bermerk dan data kepolisian tentang Ja Sung yang ia simpan diam-diam dalam brankasnya demi menyelamatkan "sang saudara angkat." Ja Sung menangis sedih dengan kematian Jung Chung, ia merasa kehilangan dan sekaligus bersalah. Dan ia mulai menyadari 'darah gangster' yang kini mengalir deras dalam nadinya bergolak kencang. Dalam sekejap Ja Sung mampu mengatur skenario cerdik. Ia berubah 180 derajad. Sehingga kedua calon successor yang lain yaitu Lee Joong Goo dan Jang Soo Ki terbunuh dalam huru-hara perebutan kekuasaan. Bahkan yang tak di duga dan tak di nyana oleh penonton adalah Ja Sung juga mengutus beberapa anak buahnya untuk membunuh atasannya di kepolisian: Officer Kang dan sang Komisaris. Karena hanya dua orang inilah yang tahu kebenaran bahwa Ja Sung adalah seorang perwira polisi. Pada akhir film dengan anggun Ja Sung duduk memegang tampuk pimpinan tertinggi Goldmoon, tak seorang pun yang mampu melawan dirinya. Semua tunduk. Tentu saja ia melupakan dan membuang masa lalunya sebagai perwira polisi. Kini 100% hidup Lee Ja Sung didedikasikan sebagai boss mafia. 

foto: berbagai sumber.

2 comments:

  1. Aku dah nonton yang ini... hampir semua filmnya Lee Jung Jae aku tonton.. :) Yang klasik The Face Reader dan yang paling aku suka Air City.. <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah nemu "aircity" tapi 16 seri yaaaa.. hihihi...sippp akan kutonton juga...saat ini sedang nonton Hwang Ji Ni -- bagussss !

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.