Friday, September 23, 2016

K-Movies (23) Daddy Long Legs (Penolongku Yang Setia) ****

Sebenarnya terjemahan daddy long legs ketika saya lihat dalam kamus adalah nama laba-laba di Amerika Utara. Tetapi dalam naskah drama/film Korea sebutan ini populer sekali. Mengacu pada kisah tentang seorang lelaki sukses bertubuh jangkung/berkaki panjang (diasumsikan berpendidikan/educated), yang diam-diam membiayai hidup seorang gadis yatim piatu miskin. Dalam kisah si gadis tidak pernah tahu siapa sebenarnya sang penolong yang setia tersebut. Kenapa tidak disebut sugar daddy? Hal ini juga terlintas dalam benak saya. He-he-he,.. Jika diamati daddy long legs digambarkan sebagai penolong yang menyembunyikan identitas. Artinya ia tidak memaksakan timbal-balik jasa, balasan dari gadis yang ditolongnya. Sedangkan sugar daddy sebaliknya, ia menolong dengan pamrih. Biasanya dengan  niat menjadikan seorang gadis muda sebagai simpanannya. Thus sugar daddy saya pikir gendut dan botak. Why? Karena sugar kebanyakan zat gula jadi gendut. Whaddever deh, logika yang tak penting ini. Daddy log legs rilis 2005.

Film ini romantis dan sendu tapi jalan ceritanya aneh. Young Mi (Ha Ji Won) sejak kecil mendengar kisah dari ibunya bahwa pada saat salju mulai turun ia akan dapat berjumpa dengan kekasihnya. Masa kecil yang bahagia direnggut dengan kematian kedua orang-tua dan akhirnya Young Mi berjuang sendiri hingga lulus kuliah dan bekerja. Semasa kuliah ada seseorang yang membiayai kuliahnya dan sering berkirim surat. Lelaki misterius ini terus mendukung Young Mi hingga berkarir dan kini bekerja di sebuah perusahaan broadcasting/ radio. Lelaki misterius yang adalah penolong Young Mi (diistilahkan daddy long legs) juga menolongnya agar diterima bekerja di perusahaan tersebut. Identitas si pria tetap tersembunyi. Di perusahaan broadcasting Young Mi berjumpa dengan Kim Joon Ho (Yeon Jeong Hun), pria muda penjaga library/reference room di perusahaan broadcasting tersebut. Pria pendiam yang santun ini kerap muncul di hadapan Young Mi tanpa sengaja dan mereka kemudian berteman cukup baik. Hingga akhirnya Young Mi sadar bahwa ia menyukai pria itu, Kim Joon Ho.

Peruntungan Young Mi terus melimpah. Ia mendapatkan tempat tinggal berupa rumah bekas milik salah seorang pegawai broadcasting yang sedang pergi berobat ke luar negeri. Gadis itu bernama Young Woo (Park Eun Hye). Di rumah itu Young Mi menggunakan laptop milik Young Woo dan tanpa sengaja membaca email-email pribadi Young Woo. Ia sangat tersentuh dan mulai menayangkan pembacaan email romantis tersebut di radio. Sejak masa awal kuliah Young Woo naksir cowok bernama Hyun Joon (Hyun Bin). Diam-diam ia selalu memperhatikan dari jauh. Dan dengan diam-diam pula ia selalu mengikuti Hyun Joon bahkan turut pula bekerja dalam perusahaan yang sama. Sampai akhirnya Young Woo memutuskan untuk melakukan operasi otak karena ia mengidap penyakit yang membahayakan. Ia ingin mengungkapkan cintanya pada Hyun Joon setelah ia sembuh nanti. Semua pendengar merasa terharu dengan kisah ini. Young Mi pun demikian, hingga akhirnya ia sadar. Jika pria yang disukai Young Woo kemungkinan besar adalah pria yang kini dikenalnya sebagai Joon Ho. Young Mi pun menarik diri, ia tak mau mengganggu kisah cinta Young Woo yang melankolis itu.

Sementara itu pencarian Young Mi tentang identitas 'daddy long legs'nya kian mendekati kenyataan. Young Mi menuntut penjelasan pada direktur muda broadcasting tempat ia bekerja. Ia pikir pria muda itu adalah daddy long legs yang selama ini dicari-cari olehnya. Sang direktur lalu membuka sebuah kenyataan pahit. Tidak ada gadis bernama YOUNG WOO dan tidak ada pria muda bernama HYUN JOON, semua itu hanyalah imajinasi KIM JOON HO. Joon Ho adalah adik dari pemilik perusahaan broadcasting tersebut dan ia mulai menderita hilang ingatan. Ada sebuah penyakit otak yang mengganggu kesehatannya selama ini. Joon Ho lah yang sejak awal masa kuliah naksir Young Mi. Dia pulalah yang selalu memperhatikan dan mengikuti Young Mi dengan diam-diam (jadi ini adalah kisah yang tertukar). Ia juga membantu Young Mi baik dengan biaya kuliah maupun dengan peruntungan karir di bidang broadcasting. Semua diatur oleh Joon Ho sebelum ia mengalami kemunduran memori/hilang ingatan tentang masa lalu. Tentu saja dengan bantuan abangnya yang direktur itu. Young Mi menangis pilu mengetahui betapa selama ini pria yang disukainya adalah sang daddy long legs yang selama ini dicarinya (jyaaah!). Sebelum Joon Ho wafat karena sakit otak, Young Mi sempat membalas perhatian pria itu. Walaupun untuk masa yang sangat singkat. Catatan: pemeran Joon Ho (Yeon Jeong Hun) wajahnya terasa sangat familier, siapa ya? Astaga ternyata dia adalah si jahat pemeran suami ketiga Ok Da Jung dalam Ms. Temper & Nam Jung-Gi!


foto: aneka sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.