Saturday, September 24, 2016

K-Movies (25) Love So Divine (Cintaku Yang Mulia) ***

Kim Gyu Sik (Kwon Sang Woo) sedang menjalani masa persiapan untuk menjadi pastor Katolik muda. Itu artinya dalam waktu singkat ia akan menjalankan sumpah hidup selibat, tidak menjalin hubungan dengan seorang wanita dan tidak akan menikah. Dalam penugasan di sebuah gereja kecil, ia berjumpa dengan Yang Bong Hee (Ha Ji Won) yang adalah keponakan dari pastor kepala Nam (Kim In Mu). Sikap Gyu Sik yang sangat religious bertentangan dengan sikap Bong Hee yang bebas dan bertindak sesuka hati. Apalagi Bong Hee baru saja pulang dari Amerika. Bong Hee bahkan belum dibaptis dan tidak taat ke gereja. Ia masih merengek karena patah hati diputus oleh kekasihnya yang menetap di Korea.

Bong Hee yang kehabisan uang untuk kembali ke Amerika lalu menawarkan diri bekerja di gereja pamannya itu dengan mengharapkan upah untuk membeli tiket kembali ke Amerika. Dalam berbagai kesempatan kedua orang muda ini, Bong Hee dan Gyu Sik, kemudian bekerja sama untuk kegiatan rohani di gereja. Seperti mengurus kebersihan gereja, acara pernikahan di gereja dan mengajar sekolah minggu untuk anak-anak panti asuhan. Semua atas perintah pastor kepala Nam. Persahabatan dan pengertian mulai terjalin antara Bong Hee dan Gyu Sik. Diam-diam Gyu Sik mulai menyukai Bong Hee bahkan merasa cemburu ketika Bong Hee sibuk berusaha untuk rujuk kembali dengan kekasihnya. Sebelumnya ia belum pernah menyukai seorang wanita (rolling eyes to the ceiling). Tentu saja Gyu Sik tidak terang-terangan mengungkapkan perasaan hatinya karena ia adalah siswa yang sedang dalam masa pendidikan sebagai calon pastor. Dalam satu kesempatan Bong Hee pernah menanyakan apakah Gyu Sik menyukai dirinya. Namun lelaki ini diam membisu seribu bahasa. Sekalipun ia sangat menyukai Bong Hee baginya janji kepada Tuhan untuk menjadi pastor lebih mulia daripada ia harus memilih seorang gadis untuk dijadikan kekasih. 

Film lawas yang rilis 2004 ini murni menyajikan akting Ha Ji Won dan Kwon Sang Woo saat keduanya masih belia dan sama-sama unyu. Kedua aktris dan aktor kini telah menempati posisi mapan sebagai bintang-bintang drama/film Korea kelas A, lihat saja akting mereka dalam K-Drama Hwang JiNi dan Temptation. Secara natural akting Ha Ji Won mudah dinikmati dalam peran sebagai gadis centil yang nakal dan bandel (seperti dalam drama-drama Hongkong lawas dan film Ji Won lain bertajuk 100 Days With Mr. Arrogant). Demikian pula akting Kwon Sang Woo sebagai pemuda calon pastor yang alim tapi 'berani' diam-diam melirik seorang gadis sebelum bersumpah selibat menjadi kelucuan tersendiri. Apalagi ia sering bertengkar dengan gadis yang pada awal terasa menyebalkan bagi dirinya itu. Ada keharuan ketika dalam upacara sumpahnya di gereja sang calon pastor muda menangis dan membatalkan niat untuk menjadi pastor karena hatinya telah tertambat somewhere. Film ini menggambarkan bahwa bagi seorang pria hidup tidak melulu tentang perempuan dan bercinta. Bisa jadi hidup adalah pengabdian total kepada Tuhan. Berapa banyak pria seperti ini? Mungkin segelintir. Mungkin hanya dalam film? : )

foto : berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.