Wednesday, August 19, 2015

Coast to Coast Sawarna (V) - Tips Sawarna Trip

  • Usahakan brows dulu baca petunjuk atau saran-saran trip sebelum menuju kemari. Soalnya perjalanan cukup jauh (dari Jakarta) dan waktu yang ada sebaiknya dimanfaatkan dengan efisien dan efektif. Mampu menjangkau ke segala penjuru pantai yang ingin dinikmati. Paling pas: 3 Hari - 2 Malam. 
  • Pagi/subuh jalan ke arah Sukabumi (untuk sementara saran saya liwat jalur Sukabumi sebelum jalur Rangkas diperbaiki), setelah tiba langsung check-in dan makan siang. Usahakan sewa ojeg atau naik mobil (dengan guide lokal) menuju ke obyek Sawarna Barat (yang berisikan 3 titik wisata) : Pulo Manuk, Karang Bokor dan Goa Langir. Pulang, makan malam lalu bobok.
  • Hari berikutnya, sarapan lalu bersiap explore Sawarna Timur, Goa Lalay, Legon Pari, Karang Taraje, Karang Beureum, Tanjung Layar dan Pasir Putih Ciantir. Kalau memungkinkan bawa saja perbekalan untuk makan siang di perjalanan sehingga tidak repot cari tempat makan lagi. Bisa piknik di salah satu titik lokasi (ingat jangan buang sampah sembarangan, membuat alamnya jadi kotor/jorok).  
  • Akhiri hari kedua dengan bersantai di Pantai Pasir Putih menyambut turunnya senja. Tidak perlu berlama-lama di Tanjung Layar. Pasir putih memungkinkan kita berjalan-jalan menjejak pasir pantai dengan bebas/lepas. Kalau Tanjung Layar terlalu banyak karang. Buat jalan-jalan agak berbahaya. Bisa juga sekaligus makan malam di warung-warung tepi pantai Pasir Putih. Kalau ingin main air (jangan berenang ke tengah ombaknya gede) bawa perbekalan lengkap : handuk/baju ganti. IT'S A MUST : sunblock, topi, sunscreen, celana pendek.
  • Kalau hari ketiga jalan agak pagi dari Sawarna bisa liwat/mampir ke pantai Cikembang yang mulai masuk ke wilayah Pelabuhan Ratu lagi. Pelabuhan ratu juga selalu menarik untuk disinggahi. Banyak hotel disitu. ATAU VISIT BOGOR/SENTUL. Eh, diam-diam ada persaingan terselubung lho antara JABAR lawan BANTEN, hehe-- wisata pantainya! 
  • Perjalanan seputar Sawarna mungkin bisa ditempuh dengan jalan kaki/trekking. Tapi saya kurang tahu akan makan waktu berapa lama. Kemudian stamina untuk jalan jauh tidak sama bagi semua orang. Ojeg lebih efisien tapi biaya memang lebih besar. Bisa dipertimbangkan apakah trekking atau menggunakan ojeg
  • Rombongan menuju Sawarna dari segi efisiensi, budget dan sebagainya idealnya 6-10 orang (menggunakan 1 atau 2 mobil pribadi). Kurang atau lebih dari itu akan sulit mengatur budget dan mengakomodasi keinginan banyak orang. 
  • Usahakan sudah kontek dengan penduduk lokal untuk masalah penginapan, makan dan guide untuk melihat-lihat seputar area Sawarna. Artinya mempersiapkan akomodasi dengan baik, sehingga setibanya disana langsung memiliki agenda acara. 
  • Selain menggunakan ojeg, trekking. Ada satu sarana lagi yaitu menelusuri pantai dari wilayah Cisolok (Pelabuhan Ratu) dengan menggunakan perahu. Bujet sewa perahu kurang lebih 1,5 juta untuk sepuluh orang. Bisa menjadi pertimbangan alternatif lain. 
  • ADDITIONAL INFO CONTACT PERSONS: Pak Slamet (ojeg, perbekalan nasi uduk) # 087772154386,  Pak Ajat (trekking, Sari Jaya Seafood) # 085782426669 # 087770646230, Pak Anto Sani (Legoon Pari Resort Cisolok, Sewa Perahu) #081294876681, Bu Niken (Penginapan) # 081906368816
  • SELAMAT MENIKMATI ALAM YANG PERAWAN. INGAT JAGA KEBERSIHAN.

4 comments:

  1. cakep ihh...

    mak...maap banget ya..aku belom bisa bikin review bukunya..sebenernya sih belum ada waktu dan belum mood :D takutnya kalo sembarangan bikin kan malah ngaco :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gapapa...anytime...santai aja....hihi...lagian sekarang udah 'lenyap' di toko juga...kayaknya kebanyakan dijual onlen.

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.